PMI Mabar Lakukan Disinfeksi Kecamatan Lembor

Labuan Bajo - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupatrn Manggarai Barat melakukan penyemprotan disinfektan pada fasilitas publik seperti rumah ibadah, kantor, pasar, serta fasilitas umum lainnya di Lembor, Jumat (17/7).

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Mabar Marselinus S Ngarung menjelaskan, ada beberapa tempat yang menjadi sasaran disinfeksi yaitu Gereja Paroki Santa Familia Wae Nakeng, Masjid Al Muhajirin Sambir Bendera, Pasar Lembor, Gereja Kristen Protestan wae nakeng dan gereja Pantekosta Wae Nakeng.

Pada kegiatan disinfeksi ini, PMI Mabar mengerahkan personel yang berjumlah sembilan orang antara lain Sekretaris/ Kepala Markas PMI Mabar Bertin Banggur dan Pengurus Bidang PB Marsel Kenanu, serta Staf Bidang PB dan anggota Korps Sukarela (KSR) PMI Mabar.

Dijelaskannya, selama di lapangan, PMI Mabar didampingi oleh pegawai Kecamatan Lembor di bawah pimpinan Sekretaris Gabriel Ferdi.

"Selain penyemprotan disinfektan, PMI Mabar juga menyerahkan satu paket wadah cuci tangan di Kantor kecamatan Lembor, penyerahan Formula Disinfektan di Gereja Katolik Santa Familia, Gereja Kristen Protestan dan Masjid Al Muhajirin untuk dapat dilakukan penyemprotan secara mandiri oleh pihak Gereja dan Masjid," ungkap Marsel.

Sementara itu, Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Muhajirin Adnan Abdurahman menyampaikan terima kasih kepada PMI Mabar atas kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan, karena ini merupakan kali pertama dilakukan penyemprotan disinfektan di masjid terbesar Kecamatan lembor ini sejak pandemi COVID-19 terjadi.

Hal senada juga disampaikan oleh Romo Beni Jehadun Pr Pastor Paroki Sta. Familia Wae Nakeng dan Aris Agus Ingamita, Pendeta di Gereja Pantekosta Wae Nakeng. Sementara Ibu Mery Pendeta di Gereja Kristen menyampaikan untuk gereja yang dipimpinya selalu melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri oleh pengurus gereja sebelum dan sesudah ibadah, jelaanya

Marsel Ngarung menyampaikan bahwa setelah selesai penyemprotan disinfektan di Kecamatan Lembor, tim PMI Mabar akan bergerak ke Kecamatan Lembor Selatan untuk melakukan kegiatan serupa.

Ditemui terpisah, Sekretaris atau Kepala Markas PMI Mabar Bertin Banggur menginformasikan bahwa hasil koordinasi dengan pihak Kecamatan Lembor Selatan, kegiatan penyemprotan disinfektan akan dimulai dari Gereja Katolik St. Mikael Kakor dan lingkungan sekitar rumah warga terkonfirmasi positif COVID-19, dan akan berakhir di Nangalili Kecamatan Lembor Selatan.