Progres TMMD di Nagari Panyalaian X Koto Sangat Baik

Tanah Datar - Tim Pengawasan dan Evaluasi Pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) ke-108 yang diketuai Brigjen TNI Sulistiyono didampingi Kasiter Rem 032 Wirabraja Kolonel Kav Husnizon bersama Bupati Tanah Datar diwakili Plh Sekda Edi Susanto, Forkompinda dan Kepala OPD meninjau langsung ke lokasi di Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto, akhir pekan lalu.

Brigjen TNI Sulistiyono mengatakan kedatangannya dalam rangka melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan TMMD/N di Tanah Datar.

"Kedatangan kami atas perintah Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa selaku penanggung jawab operasional TMMD guna melihat secara langsung pelaksanaan di lapangan serta untuk mendapatkan saran sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan yang akan datang," katanya.

Ditambahkan TMMD/N dilaksanakan pada Desa/Nagari sasaran dengan melihat skala prioritas terhadap kebutuhan pembangunan.

"Tentunya pelaksanaan TMMD/N di Nagari Panyalaian telah melalui pertimbangan dan kajian yang mendalam, terutama sinergisitas dengan program pemerintah daerah sehingga selepas pelaksanaan program selama 30 nantinya akan diserahkan ke Pemda untuk dikelola ataupun ditindaklanjuti lagi," ujarnya.

Sementara itu Komandan Satgas TMMD/N yang juga Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf Edi S. Harahap menyampaikan selama 17 hari pelaksanaan TMMD/N sudah memberikan progres yang sangat baik sesuai yang diharapkan, walaupun ada kendala di lapangan.

"Pembukaan jalan baru sepanjang 2800 meter dengan lebar 6 meter telah selesai 100 persen namun pengerasan jalan masih 27 persen, sementara pemasangan gorong-gorong dari tiga direncanakan ternyata menjadi 16, namun progresnya sudah 95 persen," terangnya.

Adapun kendala yang dihadapi tambah Dandim, kondisi cuaca yang lebih banyak hujan, kontur tanah lunak karena tipe tanah humus serta banyaknya titik aliran irigasi melintasi menjadi tantangan.

"Walau ada tantangan dan kendala namun kita tetap optimis pelaksanaan bisa rampung, setidaknya menjelang 29 Juli nanti dan berharap jalan yang telah dibuka memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat terutama meringankan biaya mengangkut hasil pertanian," tukasnya.

Sementara itu Plh. Sekda Edi Susanto menyampaikan pemerintah daerah sangat mendukung program TMMD/N karena memang dirasakan membantu berbagai program pembangunan.

"Program TMMD/N bertujuan meningkatkan rasa gotong-royong masyarakat, juga bisa mempercepat pembangunan di nagari serta bisa menjadi sarana sosialisasi berbagai kebijakan dan program yang langsung dilaksanakan bersama OPD terkait," tegasnya.(KominfoTanahDatar)