Pemkab Bogor Akan Gelar PIN Polio Serentak Putaran Kedua

Cibinong - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan kembali menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Putaran II yang akan dilaksanakan pada 22 Mei hingga 2 Juni mendatang, terhadap bayi dan balita usia 0-59 bulan, yang akan digelar secara serentak di seluruh wilayah setempat.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina secara online dalam kegiatan Rakor Pelaksanaan Sub PIN Polio Putaran II di Kabupaten Bogor, Rabu (17/5).

Kepala Dinkes Kabupaten Bogor Mike Kaltarina mengatakan, pelaksanaan PIN Polio Putaran II akan dilaksanakan mulai 22 Mei hingga 2 Juni 2023 dengan rincian tujuh hari pelaksanaan dan lima hari untuk sweeping. Untuk mengoptimalkan capaian PIN putaran II, pos imunisasi akan dibuka ditempat-tempat umum seperti pasar, mall, stasiun, tempat pengajian, TK/Paud dan lainnya. Dengan melibatkan seluruh pihak mulai dari camat, kades/lurah, ketua RT/RW, kader, PKK dan Dasawisma.

“Untuk menyukseskan PIN Putaran II, kami juga akan lakukan pendampingan teknis, monitoring harian dan pemberian feedback hingga sweeping door to door,” terang Mike Kaltarina.

Mike juga menyampaikan, apabila menemukan sasaran bayi baru lahir, pendatang, maupun terlewat mendapatkan Sub Polio I pada PIN Sub polio Putaran II mereka bisa tetap diberikan sub Polio Dosis I, sesuai juknis dalam konteks outbreak Polio dan pemberian PIN berikutnya akan mengikuti pelaksanaan Sub PIN Polio.

“Selain melaksanakan PIN Putaran II serentak, juga akan dilaksanakan Gebyar Vaksin COVID-19 di 101 puskesmas pada 20 Mei mendatang,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, dirinya juga berterimakasih kepada Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan juga Ketua PKK Kabupaten Bogor beserta seluruh pihak yang terlibat sehingga PIN Putaran I bisa sukses dilaksanakan di Kabupaten Bogor dengan capaian 91,6%, atau dari sasaran PIN Polio Putaran I berjumlah 542.530, sebanyak 496.948 yang sudah divaksin Polio.

“Semoga pelaksanaan PIN Polio Putaran II ini bisa sama suksesnya seperti pelaksanaan PIN Polio Putaran I sebelumnya,” tandasnya.