Kabupaten Bekasi 'Banjir' Prestasi pada Mei 2023

Cikarang Pusat - Empat prestasi membanggakan diraih Kabupaten Bekasi pada pekan ini, mulai dari tingkat Jawa Barat, Nasional dan Internasional.

Kabupaten Bekasi Juara 2 STQH Jawa Barat, memecahkan rekor MURI penanggulangan bencana, meraih 14 medali di SEA Games 2023 Kamboja dan meloloskan calon Paskibraka tingkat Nasional.

Kabar baik pertama datang dari Kota Bandung pada Minggu (14/5) pagi. Kafilah Kabupaten Bekasi yang ikut Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) ke-18 tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023, berhasil menyandang gelar Peringkat 2 terbaik Jawa Barat.

Posisi ini sekaligus memperbaiki prestasi sebelumnya pada STQH Jabar tahun 2021 lalu, Kabupaten Bekasi berada di posisi ke-3 Jawa Barat.

"Dari 7 orang finalis yang tampil, 4 orang meraih Juara 1, dua orang keluar sebagai Juara 2, dan satu orang lagi sebagai Juara ketiga," kata Kabag Kesra, Bennie Y. Iskandar.

Sedangkan pada Senin (15/5), Situ Rawa Binong Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat menjadi saksi pemecahan rekor MURI Simulasi Evakuasi Bencana dengan peserta terbanyak di Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, lebih dari 23.000 peserta mengikuti pemecahan Rekor Muri yang dikomandoi langsung oleh Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan.

Acara yang digelar BPBD Kabupaten Bekasi itu, diikuti semua stakeholder dan elemen masyarakat Kabupaten Bekasi. Mulai dari TNI/Polri, FPRB, dunia pendidikan, dunia usaha,komunitas dan para relawan.

"Pesan dari kegiatan ini, untuk menumbuhkan budaya tagguh bencana, bagaimana masyarakat menangani bahaya bencana, aktif mengurangi resiko bencana dan harus siap untuk selamat," kata Dani Ramdan.

Tak hanya prestasi tingkat Jawa Barat dan Nasional, prestasi level Internasional juga disabet atlet-atlet Kabupaten Bekasi di ajang SEA Games 2023 Kamboja.

Atlet Kabupaten Bekasi yang memperkuat Indonesia berhasil menyumbangkan 14 medali untuk kontingen Merah Putih. Empat diantaranya medali emas.

"Ya, prestasi yang membanggakan. Di SEA Games Kamboja atlet-atlet kita mampu menyumbang 14 medali, empat di antaranya medali emas. Di SEA Games Vietnam kita menyumbang tiga emas. Jadi ada peningkatan," kata Kepala Disbudpora Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha.

Ketua KONI Kabupaten Bekasi Reza Luthfi Hasan mengaku bangga atas perjuangan atlet Kabupaten Bekasi di SEA Games Kamboja yang digelar 5-17 Mei 2023.

“Apresiasi atas capaian prestasi atlet yang membanggakan, berjuang dengan luar biasa, menjaga harga diri Indonesia, Jawa Barat, khususnya Kabupaten Bekasi," kata Reza.

Tak hanya itu, kabar membanggakan, datang dari para pelajar Kabupaten Bekasi yang mengikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Jawa Barat di Dodik Lembang Bandung.

Dua pelajar asal Kabupaten Bekasi berhasil lolos sebagai Calon Paskibraka (Capaska) tingkat Nasional dan tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023.

Kedua Capaska tersebut yakni Raja Shiam Al Ghiffari Panjiyoga, yang mewakili Jawa Barat di tingkat Nasional dan Noval Ardhana Alfi Nasri, yang terpilih sebagai calon Paskibraka tingkat Provinsi Jawa Barat.

"Alhamdulillah, Kabupaten Bekasi sudah dua kali berturut-turut mendapatkan Capaska di tingkat Jawa Barat dan Nasional," kata Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha, Kamis (18/5).