Pemkab Cianjur Gencar Sosialisasikan Pengelolaan Bank Sampah

Cianjur - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat gencar menyosialisasikan pengelolaan sampah melalui bank sampah yang dikelola langsung oleh masyarakat.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah, Sumarna, di Cianjur, Selasa, mengatakan saat ini ada enam bank sampah di Kabupaten Cianjur yang sudah aktif dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Jadi bagi mereka (pengelola) bank sampah sudah bisa merasakan manfaatnya," kata Sumarna usai menghadiri Sosialisasi Pengembangan Bank sampah oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Direktorat Pengelolaan Sampah PSLB3, di Aula Hotel Bydiel Cianjur, Selasa (26/3).

Sumarna menjelaskan pengelolaan sampah di bank sampah perlu dicontoh, karena bisa mendapatkan banyak manfaat. Namun dirinya mengaku baru sebatas memberikan pemahaman agar lingkungan yang bersangkutan bersih dari sampah.

"Untuk pemasarannya nanti kita akan bekerjasama dulu dengan Diskoperdagin, saat ini yang terpenting lingkungan yang bersangkutan bersih," imbuhnya.

Sumarna mengatakan, dalam pengurangan sampah sudah dibentuk regulasi khusus, yakni dengan pemanfaatan sampah berbasis masyarakat.

"Itu ada dalam regulasi sampah berbasis masyarakat artinya setiap warga harus mengelola sampah di masing-masing wilayahnya, meskipun saat ini belum dirasa efektif karena baru digulirkan," pungkasnya. (Diskominfo)