Wali Kota Denpasar: Pancasila Berkah Indah yang Diberikan Tuhan

Denpasar - Pemerintah Kota Denpasar bersama jajaran menggelar Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Lumintang pada Kamis (1/6).

Bertindak sebagai inspektur upacara, Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara.

Jaya Negara, dalam sambutanya mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengambil tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global", dimana jika dilihat dari perjalanannya, Pancasila merupakan berkah indah yang diberikan Tuhan kepada rakyat Indonesia. Setiap 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, sehingga nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila harus terus diwariskan dan dihadirkan secara nyata dalam kehidupan bermasyarakat.

"Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita, nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah, nilai yang hidup dan terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia," ujarnya.

Dengan penuh semangat, Jaya Negara mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama membumikan Pancasila, serta mengaktuakisasi nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sehingga, hadirnya Pancasila sebagai dasar negara tidak hanya mempersatukan bangsa, tetapi juga menuntun bangsa dalam menghadapi tantangan.

"Ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa, bahwa bangsa dan negara kita tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita sepakat berlandaskan Pancasila," jelasnya.

Jaya Negara menambahkan, kedepan dengan tantangan yang semakin kompleks, seluruh elemen bangsa harus bergandengan tangan. Pemerintah bersama masyarakat harus terus bersinergi dan berkolaborasi dalam memperkokoh persatuan. Sehingga mampu mewujudkan masyarakat Denpasar yang Makmur, Aman, Jujur dan Unggul (Maju) dalam bingkai spirit Vasudhaiva Khutumbakam yang bermakna kita semua bersaudara, bergotong royong dalam mengisi pembangunan ini.

"Mari kita buktikan keteguhan hati, kita menangkan masa depan, kita wujudkan cita-cita luhur pendiri bangsa, saatnya kita berbagi pengalaman dalam berbhineka tunggal ika untuk persatuan dan kesatuan mewujudkan kemajuan," ajak Jaya Negara sembari mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila 2023.

"Mari bersama-sama bersatu saling peduli, saling berbagi dan bergotong royong, membangun peradaban dan pertumbuhan global untuk kemajuan negeri," pungkasnya.