Pemkab Pemalang Ajak Masyarakat Semarakkan HUT RI ke-78

Pemalang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang melalui Dinas Kominfo setempat mengajak masyarakat untuk ikut menyemarakkan dan berpartisipasi dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 pada 17 Agustus mendatang.

Ajakan tersebut diwujudkan dalam bentuk sosialisasi Iklan Layanan Masyarakat (ILM) berupa siaran keliling menggunakan mobil milik LPPL Radio Swara Widuri yang merupakan radio milik Pemkab setempat. Siaran keliling itu dilaksanakan di wilayah Kecamatan Taman, Senin (31/7).

Plt Kepala Diskominfo Joko Ngatmo mengatakan, isi dari ILM itu adalah imbauan kepada Camat, Kelurahan/Desa serta seluruh masyarakat untuk mengibarkan bendera Merah Putih secara serentak dengan menggunakan tiang dan bendera yang benar secara tertib dan teratur di wilayah masing-masing mulai tanggal 1-31 Agustus 2023.

Joko menyebutkan, selain bendera, instansi pemerintah, swasta, perbankan, dan sekolah sekolah juga diimbau untuk memasang umbul-umbul, ganefo, lampu hias, lampu pecut atau baliho, banner, spanduk dengan tema dan logo peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023, serta diimbau untuk menyelenggarakan upacara mulai pukul 07.00 WIB.

Sedangkan pada 17 Agustus 2023 pukul 10.00 WIB nanti, selama tiga menit pihaknya mengimbau masyarakat dapat menghentikan semua kegiatan  dan berdiri tegap saat lagu Indonesia Raya di kumandangkan secara serentak di semua lokasi untuk menghormati Peringatan Detik-detik Proklamasi.

"Untuk itu, jajaran TNI - Polri, Instansi Pemerintah dan Swasta diimbau untuk menyalakan sirine atau tanda sebelum lagu Indonesia Raya dikumandangkan," jelasnya.

Selain itu, lanjut Joko, masyarakat juga dapat melaksanakan kegiatan kebersihan dan ketertiban (K3) di lingkungan rumah atau tempat usaha masing-masing serta dapat melakukan pengecatan dinding atau pagar tempat usaha serta melaksanakan wungon pada 16 Agustus 2023 mulai dari tingkat RT hingga tingkat kabupaten.