Pemkab Muara Enim: Guru Garda Terdepan Pendidikan

Muara Enim - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Muara Enim melaksanakan Konferensi Kerja Kabupaten Pertama Tahun 2023 bertempat  Balai Agung Serasan Sekundang, Sabtu (5/8).

Kegiatan tersebut dibuka Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah yang diwakili oleh Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda Muara Enim Riswandar, dan juga dihadiri oleh Ketua PGRI Provinsi Sumatra Selatan Ahmad Zulinto, Forkopimda, para kepala OPD dan seluruh pengurus PGRI Kabupaten Muara Enim.

Asisten II Riswandar, dalam sambutannya, mengatakan guru sebagai garda terdepan dalam dunia pendidikan harus bernaung dalam wadah organisasi yang memiliki integritas tinggi dalam pendidikan seperti PGRI.

“PGRI dapat menjadi wadah perjuangan para guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, perlindungan guru, dan peningkatan kompetensi serta kualitas kerja pada profesinya. Oleh karena itu para guru harus bergabung dalam organisasi PGRI," ungkapnya.

Riswandar juga berharap PGRI dapat mengambil peran penting dengan pemerintah untuk bersama-sama dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Muara Enim.

“Muara Enim sangat memerlukan hadirnya guru-guru yang professional, memiliki integritas tinggi, dan siap melakukan perubahan dunia pendidikan dalam situasi apapun untuk meningkatkan SDM di Kabupaten Muara Enim. Kehadiran PGRI di Kabupaten diharapkan dapat membantu Pemda untuk memajukan dunia pendidikan bagi kelangsungan pembangunan di bumi serasan sekundang ini," harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Riswandar juga menyoroti persoalan pemerataan atau distribusi guru di daerah. Ia berharap PGRI bisa membantu dalam hal pendataan para guru di daerah serta berbagai persoalan yang dihadapi para guru di daerah.

"Saat ini jumlah guru di Muara Enim sebenarnya cukup banyak, cuma masih banyak di daerah-daerah yang jumlah gurunya sangat minim karena tidak meratanya distribusi guru atau terpusat di beberapa tempat saja yang salah satu penyebabnya karena kurang profesionalnya oknum guru yang meminta pindah ke tempat tertentu. Kedepannya kami berharap bisa bersinergi dengan PGRI untuk menyelesaikan persoalan ini," ujarnya.

Menutup sambutannya,  Riswandar mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas keberadaan dan kerja nyata PGRI Kabupaten Muara Enim selama ini.