Pangkep Segera Miliki Rumah Produksi Bersama Pengelolaan Garam

Pangkep – Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) bersama Asisten Deputi Pengembangan Kawasan dan Rantai Pasok Kementerian Koperasi dan UMKM Ali Alkatiri melakukan peletakan batu pertama Rumah Produksi Bersama (RPB) pengelolaan garam di Maccini Baji, Kecamatan Labakkang.

Pada kesempatan yang dilakukan akhir pekan lalu, Bupati Pangkep MYL mengatakan, pihaknya mendukung pembangunan RPB ini karena animo masyarakat sangat tinggi terhadap tambak garam, lantaran sejumlah tambak ikan dan udang beralih ke garam saat memasuki musim kemarau.

“Inilah yang kita harap, jangan ada lahan tidur khususnya wilayah tambak. Melalui program yang ada, masyarakat tetap harus mendapatkan pendapatan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi,” kata Yusran.

Sementara itu, Ali Alkatiri menjelaskan, pembangunan RPB tersebut akan dilengkapi peralatan produksi yang dibutuhkan. Dirinya juga menyebut produk akhir dari RPB ini adalah garam konsusmsi dan garam industri.

“Paling penting, kita tidak hanya membangun fisik dan alat tapi juga mendampingi terbentuknya ekosistem bisnisnya, mulai tambak, koperasi dan pasar. Alhamdulillah, berkat dukungan Pemda semua sudah tersambung, tinggal kita kuatkan dan jaga keberlanjutannya,” jelasnya.

Diketahui, pembangunan RPB untuk komoditas garam di kabupaten Pangkep ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah komoditi garam, khususnya pengembangan pada sektor industri.