Pemkab Aceh Barat Siap Bersinergi dengan TNI Percepat Pembangunan

Meulaboh - Bupati Aceh Barat Ramli MS menyatakan, pemerintah daerah setempat siap bersinergi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mendukung percepatan pembangunan di wilayah pelosok pedesaan, guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi sekaligus mewujudkan ketahanan pangan di masyarakat.

“Peran TNI dalam membantu pemerintah sangatlah besar, khususnya dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD),” kata Bupati Aceh Barat Ramli MS di Meulaboh, Rabu (22/7).

Menurutnya, kehadiran TNI sangatlah dibutuhkan untuk menyukseskan program pemerintah daerah, termasuk dalam meningkatkan keamanan wilayah serta menjadi mitra dalam mengisi program pembangunan.

Peran TNI di masyarakat juga diharapkan dapat membentengi rakyat untuk memperkuat nasionalisme dan cinta tanah air, sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bupati Ramli MS juga menyatakan pemerintah daerah sangat terbantu dengan adanya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang saat ini masih berlangsung di Kabupaten Aceh Barat.

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut pemerintah daerah berencana membangun akses jalan baru sepanjang 10 kilometer, yang menghubungkan antara Kecamatan Pante Ceureumen dan Panton Reue, Aceh Barat dan saat ini kegiatannya hampir tuntas dilaksanakan.

“Selain dapat mempertahankan ketahanan wilayah, kehadiran TNI di masyarakat bersama pemerintah, juga mampu meningkatkan ketahanan pangan, kesehatan, dan pendidikan kepada masyarakat agar terus mencintai tanah air dan mempertahankan ideologi Pancasila,” tambah Ramli.

Ia menyatakan, selain bersama TNI, selama ini Pemkab Aceh Barat juga bersinergi dengan Polri, Kejaksaan, Kehakiman serta seluruh jajaran forum komunikasi pimpinan daerah, sehingga semua kegiatan roda pemerintahan di daerah tetap berjalan lancar tanpa ada kendala apa pun.