Plt Bupati Muara Enim Apresiasi Simulasi Pelatihan Bersama Penanggulangan Karhutla

Muara Enim - Plt Bupati Muara Enim Juarsah menyaksikan langsung Simulasi Kegiatan Pelatihan Bersama Peningkatan Kemampuan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dalam rangka kesiapan menghadapi karhutla tahun 2020 di Lapangan Merdeka, Rabu (22/7).

"Saya sangat mengapresiasi simulasi pelatihan bersama peningkatan kemampuan penanggulangan karhutla yang tergabung dari Kodim 0404, Polres Muara Enim, BPBD, Satpol PP Muara Enim dan lainnya ini," ucap Plt Bupati Juardah saat menyampaikan arahannya.

Juarsah mengatakan, kita semua tahu, menangani karhutla tidak mudah, perlu mental yang kuat dan berani.

“Semoga apa yang telah kita persiapkan, pelajari dan peragakan dalam simulasi ini akan dapat diaplikasikan dalam melakukan pemadaman Karhutla dilapangan,” harap Juarsah

Juarsah mengatakan, sebagian daerah di Kabupaten Muara Enim merupakan lahan gambut yang diantaranya terdapat di Kecamatan Sungai Rotan, Gelumbang dan Muara Belida.

“Tapi kita semua harus berdoa dan berharap semoga Karhutla tidak terjadi di Kabupaten Muara Enim,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Syaputra mengatakan, kegiatan simulasi ini untuk dijadikan acuan atau tonggak bagi agar dapat mengantisipasi, memadamkan dan juga menegakkan hukum bagi pelaku pembakar karhuta di wilayah Kabupaten Muara Enim.

“Karena permasalahan Karhutlah ini sudah menjadi perhatian dari pemerintah pusat, sehingga tiap tahun diberikan pemahaman atau arahan khusus mengenai karhutla,” ujar kapolres Muara Enim.