Wali Kota Denpasar Terima Kunjungan Gubernur Provinsi Quirino Filipina, Jajaki Kerja Sama Pengembangan Pariwisata

Denpasar - Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menerima kunjungan Gubernur Provinsi Quirino Filipina Dakila Carlo E Cua di Kota Denpasar di Kantor Wali Kota, Jumat (25/8).

Pertemuan tersebut dilaksanakan untuk penjajakan kerja sama dan studi tiru pengembangan pariwisata berbasis budaya.

Pada kunjungannya Gubernur Provinsi Quirino Filipina, Dakila Carlo E Cua menyampaikan keinginannya untuk melaksanakan hubungan kerjasama dengan Pemerintah Kota Denpasar. Dimana, fokus kerja sama yang dilakukan yakni dalam pengembangan pariwisata berbasis budaya.

"Saya merasa perlu melakukan kerjasama dengan Denpasar dalam pengembangan pariwisata, saya kagum dengan cara Bali mengelola pariwisata sehingga kunjungan bisa sampai 5 juta dalam setahun tahun," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, pertemuan ini menjadi awal komitmen dalam menjalin kerjasama Internasional Provinsi Quirino Filipina dengan Kota Denpasar.

Sementara, Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara menyambut baik kedatangan Gubernur Provinsi Quirino Filipina dengan menyampaikan dan menampilkan tayangan berbagai event yang telah dan akan dilaksanakan pada Tahun 2023. Jaya Negara juga mengajak Carlo "Dax" Cua berkunjung ke Bali pada Bulan Desember untuk menyaksikan Denpasar Festival dan Melepas Matahari.

"Semua event yang kami sebutkan berdasarkan pada Budaya, hal inilah yang menjadi daya tarik pariwisata Bali khususnya Denpasar di Wisatawan. Event budaya terdekat ada Denfest dan Melepas Matahari pada Bulan Desember," ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut disampaikannya, pariwisata berdasarkan Budaya menjadi keunikan sekaligus pembeda Denpasar dengan kota-kota lainnya. Merawat dan menjaga budaya sama artinya dengan menjaga pariwisata Bali.

Sementara itu, Plt Kadis Pariwisata Gusti Ayu Laxmy Saraswati menyampaikan Untuk kerjasama internasional Denpasar telah melakukan Mou "Sister city" dengan Pemerintah Kota Mossel Bay Afrika Selatan, Kota Darwin, Perth Australia dan Gyeongju Korea Selatan.

"Untuk event sendiri setiap tahunnya Denpasar memiliki lebih dari 100 event. Jadi kalau Denpasar ini akan serasa rumah dan ingin berkunjung kembali," tandasnya.