Gerakan Tekan Stunting, Menteri PPPA Tinjau Gemarikan di Denpasar

Denpasar - Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mendampingi kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga dalam rangka pelaksanaan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kelurahan Serangan, Kota Denpasar, Sabtu (26/8).

Pelaksanaan kegiatan tersebut diharapkan mampu mendukung upaya berkelanjutan dalam penanganan stunting dengan memenuhi hak anak atas kesehatan melalui pemberian ikan, demo memasak ikan dan edukasi.

Turut diserahkan pula Paket Bantuan Spesifik untuk Ibu dan Anak , Penyerahan bantuan dari Pertamina melalui PIMTI kepada Perempuan UMKM, Penyerahan bantuan Ikan Segar dan Ikan olahan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Penyerahan Bantuan Paket Sayuran dari Dinas Pertanian. Sedangkan sebagai pemuncak acara turut digelar Demo memasak ikan dan Edukasi terkait gizi dari olahan Ikan.

Menteri Bintang Puspayoga, dalam sambutannya menjelaskan, sumber daya yang paling berharga bagi suatu bangsa adalah sumber daya manusia. Oleh karena itu, pembangunan sumber daya manusia harus menjadi titik sentral pembangunan nasional.

"Kita melihat di Indonesia ini anak menjadi generasi penerus tongkat estafet pembangunan indonesia. Sehingga pembangunan dan pengembangan anak menjadi penting, terutama harus terjamin pemenuhan hak anak itu sendiri," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, permaslahan stunting saat ini memang menjadi tantangan bersama. Sehingga penanganannya harus dilaksanakan sacara komprehensif. Dimana, sinergi dan kolaborasi akan menjadi kunci penting dalam penangannya. Hal inilah yang mendasari pelaksanaan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kelurahan Serangan ini.

"Kami melihat Serangan ini kaya akan ikan, mudah-mudahan kegiatan ini dapat mendukung pemenuhan hak anak atas makanan sehat melalui pemenuhan gizi, pola asuh dan sanitasi dalam mendukung pertumbuhan otak anak untuk mencegah stunting secara berkelanjutan," ujarnya.

Bintang berharap sosialisasi ini dapat menjadi terbososan dalam mendukung pola hidup sehat untuk mendukung penanganan stunting yang berkelanjutan, sehingga ilmu yang didapat dalam pelaksanaan edukasi dan sosialisasi ini dapat digetoktularkan kepada seluruh masyarakat, terutama ibu dan anak.

"Mari kita bergandengan tangan, bersinergi dan berkolaborasi dalam mendukung penanganan isu-isu perempuan anak dengan baik, sehingga kedepannya dapat mewujudkan perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia Maju," ujar Bintang.

Sementara, Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menyambut baik sekaligus berterima kasih atas kunjungan dan dukungan terhadap pelaksanaan Gemarikan di Kelurahan Serangan, Kota Denpasar ini. Dimana, pelaksanaan kegiatan ini sangat produktif dalam mendukung pencegahan stunting sejak ibu hamil.

Jaya Negara berharap sinergi dan kerja sama yang baik ini agar terus berlanjut. Hal ini mengingat stunting ini merupakan permasalahan yang memerlukan kerjasama semua pihak dalam penangannya, sehingga sosialisasi ini sangat baik untuk dilaksanakan, mengingat ikan merupakan salah satu komoditi yang mudah dicari dan memiliki gizi yang baik dalam mendukung tumbuh kembang anak.

"Selaku Pemerintah Kota Denpasar mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama berkelanjutan dalam mendukung pencegahan stunting di Kota Denpasar lewat pemenuhan hak anak atas kesehatan dan gizi baik," ujarnya.

Sedangkan, salah seorang masyarakat, Ni Wayan Satuh mengaku senang dapat mengikuti kegiatan ini. Ke depan pihaknya berharap agar dukungan ini terus berkelanjutan.

"Kami berharap sosialisasi ini terus dilaksanakan, terlebih di Serangan ini banyak ikan, dan diharapkan ibu-ibu disini juga agar lebih sering memasak menu ikan untuk tumbuh kembang anak," ujar perempuan yang merupakan seorang guru tersebut.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Direktur Keuangan PT Pertamina, Emma Sri Martini, Anggota DPRD Kota Denpasar I Nyoman Darsa, Ketua GOW Kota Denpasar Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar Widnyani Wiradana, pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar, serta masyarakat Kelurahan Serangan.