Pemkab Polman Raih Penghargaan "Green Leadership" Nirwasita Tantra 2022 dari KLHK

Polewali Mandar - Pemerintah Kabupeten Polewali Mandar meraih penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra Tahun 2022 kategori Pemerintah Daerah Kabupaten Kecil, di Auditorium Dr. Ir. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa (29/8)

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya yang diterima oleh Plt Kepala Dinas LHK Kabupaten Polman Agusnia Hasan Sulur.

Nirwasita Tantra merupakan penghargaan pemerintah yang diberikan kepada daerah yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan dan program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah masing-mading. salah satu faktor kunci untuk memenuhi hak dan kewajiban dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah tersedianya data dan informasi lingkungan bagi seluruh pihak oleh karena itu penyusunan dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah menjadi bagian dari pijakan untuk pelaksanaan dan pengembangan kebijakan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, hal ini sesuai dengan mandat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dalam sambutannya, Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan bahwa greend leadership merupakan kepemimpinan dengan perspektif lingkungan dengan ciri pokok, yakni semangat, proaktif, penuh inisiatif dan kreatif terhadap kepentingan orang banyak dan alam semesta yang memiliki visi dan keseimbangan antara daya topang ekologis dan pembangunan fisik maupun non fisik, pada sisi lain kepemimpinan model ini juga mengedepankan kepentingan rakyat dalam hal akses setiap sumber daya yang ada dan selanjutnya akan memformulasi kebijakan ramah lingkungan sekaligus berpihak pada kepentingan rakyat sebagaimana dipahami bahwa salah satu peran penting pemerintah ialah memberikan akses bagi warga negara untuk sejahtera.

"Prinsip pembangunan lingkungan di bagian penting dalam pembangunan nasional kita yang dapat diartikan sebagai rangkaian upaya pembangunan yang berkesinambungan secara sederhana tentang kesinambungan atau sustanibility dapat digambarkan sebagai keadaan di mana akses yang dimiliki oleh generasi bangsa saat ini terhadap sumber daya alam itu akan sama kondisinya nanti dengan akses yang dimiliki oleh generasi masa depan yang akan datang jadi artinya tidak akan ada penurunan kesempatan bagi generasi masa depan akan akses terhadap sumber daya alam karena terjadinya deterioriasi atau penurunan sumber daya alam dalam bahasa sederhana kira-kira seperti," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono menjelaskan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang selanjutnya dijadikan dasar untuk penilaian penghargaan Nirwasita Tantra oleh tim panel penilai penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2022 yang ditetapkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, bahwa pada Tahun 2022 tercatat sebanyak 225 daerah pengirim dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah kepada kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang terdiri dari 22 provinsi, 141 kabupaten dan 62 kota.

"Pada tahun 2022 proses penentuan pemenang dilakukan dalam tiga tahap yaitu penilaian tahap awal yang merupakan penilaian kelengkapan administrasi dan penilaian atas validitas, akurasi dan kejelasan data dengan metode analisis pembobotan sederhana, penilaian tahap kedua merupakan penilaian isi substansi dokumen dan penilaian atas kemampuan analisis dokumen dengan metode DPSIR, dan tahap ketiga adalah pembuatan video klarifikasi kepada kepala daerah dan ketua DPRD termasuk inovasi inovasi yang telah dilaksanakan oleh daerah dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan hidup di daerahnya," jelasnya.

Selain penyerahan penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra Menteri LHK juga launching new website menlhk.go.id. yang merupakan pengembangan terhadap desain dan beberapa fitur yang lebih ramah pengguna.