Pemkot Denpasar Gotong Royong Rehabilitasi Rumah Warga

Denpasar - Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama seluruh donatur menyerahkan secara resmi bantuan rehabilitasi rumah milik I Wayan Windia, warga di Kelurahan Renon, Kecamatan Denpasar Selatan, pada Rabu (30/8).

Penyerahan bantuan secara gotong royong program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang didukung oleh Dinas Sosial Kota Denpasar ini lantaran bedah rumah tersebut telah rampung.

Partisipasi TJSL dalam mewujudkan rumah layak huni bagi warga Kota Denpasar I Wayan Windia ini datang dari berbagai pihak. Mulai dari Yayasan Cahaya Cinta Kasih, Camat Denpasar Selatan, Kepala Kelurahan Renon, TKSK Denpasar Selatan, Forum Komunikasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (FK-LKS) Denpasar, Fasilitator Kelurahan Renon, Pekerja Sosial Masyarakat Kelurahan Renon, Karang Taruna Dharma Bhakti Kelurahan Renon serta PT. Tata Rencana Hijau (TARU). Bahkan, Walikota Jaya Negara turut serta berpartisipasi memberikan satu buah televisi.

Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jsya Negara menyampaikam terima kasih sekaligus apresiasi kepada semua pihak yang telah membantuz sehingga pengerjaan rumah layak huni milik I Wayan Windia, warga di Kelurahan Renon ini dapat rampung.

"Terima kasih kepada seluruh donatur yang telah membantu rehabilitasi rumah keluarga I Wayan Windia, serta dalam kesempatan ini kita telah serahkan bersama sama dengan pihak donatur," ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut Jaya Negara menyampaikan, partisipasi bersama dari donatur dalam mewujudkan rumah layak huni ini merupakan implementasi nyata spirit Vasudhaiva Kutumbakam (Menyama Braya).

"Visi-misi yang kami bangun serta program prioritas yang kami rencanakan, digerakkan oleh Weda Wakya Vasudhaiva Kutumbakam yang mengandung makna dalam kehidupan ini kita semua bersaudara, atau menyama braya," ujarnya.

"Semua sektor kehidupan harus diselesaikan dengan paras paros sarpanaya, salunglung sabayantaka. Semua persoalan yang kita hadapi, mari kita selesaikan bersama-sama dalam semangat Menyama Braya," lanjut Jaya Negara.

Sementara, Kadis Sosial Kota Denpasar I Gusti Ayu Laksmi Saraswati menyampaikan, program rahab rumah ini terlaksana diperuntukan bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dan masyarakat miskin lainnya yang telah terlaksana bekerjasama dengan yayasan dan  FK-LKS yang telah banyak menyasar sejak tahun 2022-2023.

"Kita telah melakukan rehab rumah sejak tahun 2022 tanpa menggunakan dana APBD Kota Denpasar,  pelaksanaannya bekerjasama dengan yayasan dan juga kita memiliki FK-LKS dengan pengerjaan rehabilitasi dalam program Vasudhaiva Kutumbakam, yakni bergotong royong yang dilakukan pendataan awal oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan," ujarnya.

Kali ini bantuan kepada PPKS yakni I Wayan Windia sebesar Rp25 juta yang diberikan oleh Yayasan Caha Cinta Kasih yang dipergunakan untuk perbaikan rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni. Bantuan dari PT. TARU berupa 1 buah kasur, seprai, bantal guling. Di samping itu juga diserhakan bantuan sembako dari Yayasan Bunga Bali, serta bantuan satu buah almari dari FK-LKS Kota Denpasar.

Sementara, I Wayan Windia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Walikota Jaya Negara, jajaran Pemkot Denpasar, serta seluruh para donatur yang telah berkenan membantu.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur yang telah membantu merehabilitasi rumah kami," tandasnya.