Disdik Kabupaten Bogor Gercep Anggarkan Meubelair untuk SDN Balekambang 03 Kecamatan Jonggol

Cibinong - Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, saat ini tengah fokus melakukan peningkatan sarana prasarana sekolah salah satunya pengadaan meubelair yang diperuntukan bagi sekolah SDN Balekambang 03 Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor. Guna mengoptimalkan proses belajar mengajar di sekolah tersebut serta menciptakan kenyamanan bagi para siswa.

Hal itu disampaikan Kasi Pembangunan SD Bidang Sarpras Disdik Kabupaten Bogor, Yanto Paradipta kepada tim Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Bogor, Rabu (30/8).

Berdasarkan data yang diterima dari Disdik Kabupaten Bogor, hasil cek lapangan langsung bersama tim pada 29 Agustus 2023 ke SDN Balekambang 03 Kecamatan Jonggol. Saat ini terdapat sejumlah Meubelair di SDN Balekambang 03 Kecamatan Jonggol yang mengalami kekurangan dan kerusakan. Sementara ada 283 siswa dari enam rombongan kelas 1 sampai kelas 6 yang membutuhkan sarana pendidikan yang baik.

Melihat hal itu, Pemkab Bogor secara gerak cepat melalukan pengadaan meubelair di tahun 2023 untuk para siswa di SDN 03 Balekambang Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor.

Kasi Pembangunan SD Bidang Sarpras pada Disdik Kabupaten Bogor, Yanto Pradipta menjelaskan, memang terdapat sejumlah meubelair yang mengalami kerusakan dan kekurangan sehingga perlu diganti dengan meubelair baru yang lebih layak pakai.

“Saat ini kami sedang proses mengusulkan pengadaan meubelair untuk SDN Balekambang 03 Kecamatan Jonggol di perubahan anggaran tahun 2023, pengadaan ini jadi prioritas kami,” ungkap Yanto.

Menurut Yanto, pihaknya sejauh ini tidak pernah mendapat laporan usulan kebutuhan, kerusakan maupun kekurangan meubelair dari pihak SDN Balekambang 03 Kecamatan Jonggol dari tahun 2017 hingga 2023.

“Selain memprioritaskan pengadaan ini, kami juga sudah berkoordinasi dengan SD dan SMP terdekat untuk membantu pinjam pakai sementara meubelair untuk kelancaran proses belajar mengajar di SDN Balekambang 03 Kecamatan Jonggol,” imbuhnya.

Perlu diketahui bahwa, Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor dari tahun ke tahun selalu memprioritaskan bantuan kebutuhan meubelair kelas. Berdasarkan data jumlah bantuan meubelair pabrikasi dari tahun 2020-2023 berjumlah 738 sekolah atau 2.214 ruang kelas yang sudah mendapatkan bantuan meubelair.