Pemkot Denpasar Serahkan BKB Kit Stunting di Denpasar Utara

Denpasar - Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas P2AP3KB yang bersinergi dengan TP PKK Kota Denpasar kembali menyerahkan alat bantu penyuluhan Bina Keluarga Balita (BKB) KIT Stunting. Paket bantuan itu diserahkan langsung Ketua TP PKK Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara di tiga lokasi di Kecamatan Denpasar Utara, pada Jumat (1/9).

Adapun tiga lokasi tersebut, yakni Banjar Pucuk Sari, Kelurahan Dangin Puri Kauh, Banjar Sari, Kelurahan Ubung serta Banjar Tegeh Kuri, Kelurahan Tonja.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua GOW Kota Denpasar Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar Ida Ayu Widnyani Wiradana dan Kepala Dinas P2AP3KB Kota Denpasar I Gusti Agung Sri Wetrawati.

Dalam arahannya, Ketua TP PKK Kota Denpasar Antari Jaya Negara mengatakan, penyerahan alat bantu BKB Kit Stunting ini adalah wujud dukungan terhadap program pembinaan karakter kepada anak-anak di Denpasar.

"Alat bantu yang kita serahkan ini kita harapkan akan mampu mendukung upaya pengembangan kegiatan dalam rangka pembinaan tumbuh kembang anak melalui pola asuh serta pendidikan yang benar," kata Antari Jaya Negara.

Pelayanan pendidikan yang diberikan kepada anak-anak usia dini ini, diharapkannya akan dapat membuat mereka tumbuh dan berkembang secara optimal. Untuk itu, lanjut Antari Jaya Negara, TP PKK Kota Denpasar akan siap untuk bersinergi untuk bersama sama mendukung semua program pencegahan stunting.

"Saya berharap kedepannya semua pihak dapat terus bersama melakukan pencegahan dan pengawasan kepada anak anak sejalan dengan peningkatan SDM yang cerdas dan berkualitas," imbuh Antari Jaya Negara.

Sementara, Kepala Dinas P2AP3KB Kota Denpasar Sri Wetrawati menjelaskan, BKB Kit Stunting adalah sarana atau alat bantu penyuluhan berupa seperangkat alat permainan edukatif dan seperangkat media serta materi yang digunakan kader untuk memberikan penyuluhan kepada keluarga yang mempunyai balita. BKB Kit Stunting ini adalah salah satu upaya untuk  meningkatkan penerapan pengasuhan 1000 hari pertama kehidupan untuk mencegah dan menurunkan prevalensi angka stunting.

"Hari ini kita menyerahkan di tiga lokasi Kota Denpasar, dengan menyasar banjar banjar yang biasanya digunakan untuk penyelenggaraan Posyandu," ungkapnya.

Adapun alat BKB Kit Stunting yang diserahkan adalah, Buku Bahan Penyuluhan, Alat Pantau Tumbuh Kembang Anak yang terdiri atss Kalender Pengasuhan, Alat Permainan Edukatif, dan juga Media Penyuluhan Bagi Orangtua.