Bangun Perkebunan Sawit Berkelanjutan, Bupati Sanggau: Jangan Ada Lagi Cekcok Perusahaan dan Masyarakat

Sanggau - Pemerintah Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, berkomitmen membangun sektor perkebunan sawit secara berkelanjutan menuju Kabupaten Lestari.

Hal itu dikatakan Bupati Sanggau Paolus Hadi saat membuka kegiatan Diseminasi Peraturan Daerah Tentang Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Kabupaten Sanggau, di Ruang Musyawarah Lantai I Kantor Bupati, Rabu (13/9).

Bupati Paolus Hadi menyampaikan bahwa komoditas unggulan perkebunan di Sanggau adalah kelapa sawit.

 

“Kita terus membangun sistem rantai pasok komoditi kelapa sawit yang berkelanjutan agar produk kelopak sawit dapat meningkatkan daya saing," jelas bupati dua periode tersebut.

Bupati juga berpesan agar dapat membuat regulasi yang berimbang sehingga tidak ada cekcok lagi antara perusahaan dengan rakyat.

“Kita tidak bisa tutup mata karena sawit memang menjanjikan untuk menambah kesejahteraan masyarakat tapi kita perlu perhitungkan dampak terhadap lingkungan,” ujarnya.

“Hari ini saya harap pihak perusahaan dengan masyarakat perlu mencari titik temu agar pembahasan perda berkelanjutan ini berhasil dan menguntungkan kedua belah pihak serta memperhatikan lingkungan hidup," tutupnya.