Bupati Polman Sosialisasi Rute Pelayaran Tanjung Silopo - Pelabuhan Lahad Datu Sabah Malaysia di Bulukumba

Polewali Mandar - Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar melakukan sosialisasi pelayaran internasional Tanjung Silopo ke Pelabuhan Lahad Datu Sabah, Malaysia melalui Pelabuhan Tanjung Silopo, Kabupaten Polewali Mandar, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (20/9).

Sosialisasi ini terkait mekanisme dan tata cara untuk memfasilitasi penempatan pekerja migran Indonesia (PMI), masyarakat umum, kunjungan wisata dan budaya atau kunjungan organisasi yang akan berangkat ke Sabah, Malaysia Timur khususnya Lahad Datu.

Bupati Polman menjelaskan, sosialisasi diawali di Bulukumba karena banyak PMI di Malaysia yang berasal dari wilayah ini.

“Selain sosialisasi tenaga kerja juga akan dilakukan terkait ekonomi, jadi kita akan promosikan wisata Bira karena mereka tidak memiliki spot-spot wisata seperti Bira,” jelasnya.

Selanjutnya, Bupati Bulukumba A. Muchtar Ali Yusuf ucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kunjungan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dalam hal ini Bupati Andi Ibrahim Masdar.

“Jadi solusi bagaimana pekerja migran kita ke Malaysia yang dari Bulukumba sekitar 50.000 baik legal dan illegal, tentunya dengan cara ini semua bisa dilegal dengan dokumen resmi lagi untuk bekerja di Malaysia,” tandasnya.

Sebagai informasi, fasilitas kapal yang akan digunakan mendukung rute internasional ini adalah KM. Catteleya yang telah memperoleh izin dari Pemerintah Indonesia dan Malaysia. Adapun pelaksanaan pelayaran perdana akan dilaksanakan pada 2 Desember 2023 melalui Pelabuhan Tanjung Silopo, Kecamatan Binuang.