Bupati Sigi Hadiri Gerakan Tanam Kedelai

Sigi - Bupati Sigi Moh Irwan Lapata menghadiri acara gerakan tanam kedelai di Desa Langaleso sebagai salah satu langkah mewujudkan ketahanan pangan.

"Sektor pertanian memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan daerah dan nasional," katanya kemarin.

Ditambahkan peranan sektor pertanian bukan saja memberikan andil terhadap ketahanan pangan tetapi juga memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap perkembangan perekonomian secara menyeluruh, baik menyangkut pendapatan petani itu sendiri, pendapatan daerah maupun penyerapan tenaga kerja.

Melalui Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah, Bupati meminta bantuan pembuatan sumur dangkal ataupun lewat program alkon dan lain sebagainya karena persoalan yang ada di petani saat ini terkendala oleh air.

Beliau juga mengatakan melalui Dinas Pekerjaan Umum bahwa ada beberapa titik kawasan yang tanahnya bergelombang diperbaiki untuk meningkatkan kembali gairah petani untuk menanam dan hal itu sudah dilakukan hampir kurang lebih 3 bulan dengan harapan untuk memanfaatkan lahan.

"Kedepannya Sigi menjadi kekuatan baru dan Sigi harus mempunyai kesiapan yang khusus mengelola serta mempunyai daya saing khususnya di bidang pertanian," tegasnya.