Pemkab Pringsewu Ikuti FGD Evaluasi Penyaluran KUR

Pringsewu - Pemerintah Kabupaten Pringsewu mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Penyaluran KUR semester I-2020 dan Sosialisasi Pemberian Subsidi Bunga/Subsidi Margin melalui Video Conference di Aula Utama Bupati Pringsewu, kemarin.

Pemerintah Kabupaten Pringsewu pada FGD ini diwakili oleh Kadis Ketahanan Pangan Iskandar Muda, Sekretaris Dinas Pertanian M.Maryanto, Kabag Perekonomian dan Sumberdaya Alam Ediyanto dan Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Koperindag Ateng Sutendi serta beberapa UKM di Kabupaten Pringsewu juga ikut serta dalam acara tersebut.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Lampung Sofandi Arifin mengatakan penyaluran KUR di Provinsi Lampung pada semester I berdasarkan data aplikasi Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) mengalami penurunan dari segi debitur, dibandingkan semester I pada tahun 2019.

"Dampak pandemi COVID-19 kondisi UMKM mengalami penurunan permintaan yang mengakibatkan menurunnya kemampuan untuk mengembalikan pinjaman yang mereka gunakan sebagai usaha, sehingga memerlukan penguatan dengan melakukan restrukturisasi pinjaman atau kredit, dan dukungan pemerintah dalam bentuk subsidi bunga atau subsidi Margin kepada UMKM," katanya.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Bengkulu Lampung Eddi Wahyudi mengungkapkan UMKM merupakan penggerak ekonomi bangsa.

"Dari segi jumlah unit usaha UMKM sebesar 99,9 persen dari total unit usaha, sedangkan dari segi tenaga kerja UMKM sebesar 97 persen dari total tenaga kerja," terangnya.(diskominfo/rakhmat)