Peringati Hari Mangrove, Pokdarwis Bersama Warga Muaragembong Tanam Mangrove

Cikarang – Dalam rangka memperingati hari Mangrove sedunia yang jatuh pada 26 Juli 2020, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alipbata dan masyarakat Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menggelar sejumlah kegiatan mulai dari penanaman pohon mangrove hingga bersih-bersih.

Camat Muaragembong Lukmanul Hakim mengatakan, kegiatan tersebut dimulai pada pagi dan berakhir pada sore hari. Semua peserta, kata dia, sangat antusias dalam mengikuti even tersebut.

“Di Hari Mangrove Internasional ini, Kami Pokdarwis Alipbata, pemuda dan unsur masyarakat Muaragembong mengadakan kegiatan bersih-bersih pantai juga penanaman mangrove di Pantai Beting Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi,” ujarnya, di Cikarang pada Minggu (26/7).

Ditambahkannya, kehadiran kawasan hutan Mangrove di pesisir Pantai Muaragembong, selain bisa berfungsi untuk menahan abrasi dari ombak laut, juga bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata. Kemudian juga bisa menjadi bahan alami kuliner, sehingga bertepatan hari mangrove se dunia itu pihaknya mengedukasi agar semua pihak sadar akan pentingnya Mangrove serta menjaga kelestariannya.

“Peserta yang ikut kegiatan pada hari ini adalah para pelajar SMAN 1 Muaragembong, volunteer pemuda Muaragembong, dan masyarakat pegiat wisata,” tambahnya.

Menurutnya, dalam acara itu juga diramaikan oleh ibu-ibu yang berhasil dalam mengolah buah mangrove menjadi berbagai jenis kuliner mulai dari sirup, dodol dan banyak lagi yang lainnya.

“Acara makin meriah setelah kegiatan diberi minuman Jus Pidada (jenis Mangrove) hasil kreasi ibu-ibu kelompok penggiat Wisata dalam kelompok Kebaya (Kelompok Bahagia Berkarya),” terangnya.