Wali Kota Singkawang Imbau Ortu Bimbing Anak Kreatif

Singkawang – Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengimbau masyarakat khususnya orang tua untuk membimbing anak-anak dalam menunjang kreativitas, hobi dan bakat anak-anak dalam mewujudkan cita-citanya.

Ia mengatakan, di masa pandemi COVID-19, anak-anak terpaksa harus belajar di rumah dengan sistem online sehingga mengharuskan mereka lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah.

“Waktu di rumah tersebut dapat digunakan orang tua untuk memberikan pengarahan dan bimbingan kepada anak-anak agar bakat dan kreativitas anak dapat disalurkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Tjhai Chui Mie, Senin (27/7).

Tidak hanya kepada orang tua, ia berharap anak-anak dapat menggunakan waktu luang dengan sebaik-baiknya di masa COVID-19 saat ini.

“Terapkan disiplin diri, harus belajar meskipun tidak dapat bertatap muka secara langsung,” ujarnya.

Ia berharap orang tua sedapat mungkin melakukan pemantauan terhadap anak-anak dalam menggunakan internet, baik mengakses media sosial, website, Youtube dan lainnya.

“Informasi teknologi (IT) ini, jika dilakukan dengan baik, digunakan dan difungsikan dengan baik tentu akan bermanfaat untuk perkembangan anak dan kemajuan bangsa dan keluarga,” ujarnya.

Namun, ia menegaskan apabila IT digunakan untuk hal yang tidak baik, bukan hanya akan merusak anak-anak, namun merusak keluarga dan orang di sekitar mereka.

“Maka dari itu, di Hari Anak Nasional kita sangat mengharapkan peran orang tua dalam mendampingi anak, dengan memotivasi mereka dalam belajar dan mewujudkan kreativitas,” jelasnyam