Pemkab Jayapura Pasarkan Hasil Kebun Lokal Melalui Pasar Tani

Sentani - Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura menyediakan pasar tani untuk menjual berbagai jenis komoditas pertanian yang berasal dari petani lokal di wilayah Kota Sentani dan sekitarnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jayapura David A Zakaria mengatakan, pasar tani ini menjual sejumlah produk pertanian yang berasal dari para petani lokal. Jika sebelumnya hasil pertanian itu hanya dijual oleh pegawai atau staf dari dinas tersebut kini sejumlah masyarakat dari kelompok pertanian sudah terlibat langsung untuk melakukan pemasaran di komplek Kantor Bupati Jayapura.

"Sekarang sudah menjual berbagai jenis produk pertanian tidak hanya sayur dan buah-buahan tetapi juga ada olahan olahan lainnya misalnya aneka jenis kue yang memang diproduksi oleh masyarakat lokal kita," kata David Zakaria di Sentani, Senin (27/7).

Dia mengaku pasar Tani yang digelar oleh pemerintah daerah kabupaten Jayapura itu sangat membantu masyarakat petani khususnya mereka yang saat ini menggarap lahan pertanian yang ada di sekitar wilayah kota untuk bisa langsung datang menjual hasil kebun mereka di komplek kantor Bupati Jayapura.

"Memang ini strategi pemerintah supaya mendekatkan pasar ini langsung kepada konsumen dalam hal ini seluruh staf dan pegawai yang bekerja di kantor bupati Jayapura," ujarnya.

Dia menjelaskan tujuan pemerintah daerah kabupaten Jayapura melalui dinas ketahanan pangan dan hortikultura menggelar pasar Tani di komplek Kantor Bupati Jayapura itu semata-mata untuk membantu masyarakat petani untuk memasarkan hasil kebun mereka.