Kukuhkan Pengurus KSB Pangkajene, Wabup Pangkep Tekankan Kesiapsiagaan Bencana

Pangkep - Wakil Bupati Pangkep Syahban Sammana mengukuhkan pengurus Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Pangkajene, di Aula Rujab Bupati, Sabtu (24/2).

Wabup Syahban menyampaikan, terbentuk KSB mengisyaratkan kesiapsiagaan Pemkab Pangkep menghadapi bencana.

Wilayah Pangkep, kata Syahban, setiap tahun dilanda bencana banjir dan angin puting beliung.

"Dengan adanya KSB, kita harap mereka menjaga lingkungan, mendeteksi sedini mungkin dan sigap bertindak bila terjadi bencana," ujar Syahban.

Syahban berharap pengurus yang telah terbentuk teroganisir dengan baik.

Sebanyak 60 orang KSB dikukuhkan yang selanjutnya mengikuti simulasi kesiapsiagaan dan mitigasi bencana banjir.

Sementara itu, instruktur Tagana Kemensos mengatakan, simulasi kesiapsiagaan dan mitigasi bencana banjir merupakan rangkaian wajib yang harus diikuti anggota KSB sebagai salah satu SOP.

"Ketika terjadi bencana, prabencana dan saat bencana apa yang mereka lakukan. Simulasi ini uji SOP, mereka sudah paham belum masing-masing tugasnya, termasuk petugas lumbung makanan," katanya.

Pengurus dan KSB terdiri dari unsur masyarakat, Karang Taruna, PKK dan utusan kelurahan yang faham wilayahnya sebab mereka akan membuat roadmap kerawanan bencana.

Dalam kegiatan tersebut juga disertakan pemberian bantuan kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana sebesar Rp281.164.302 yang diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial kemensos RI Robben Rico.