BPBD Pangkep Alihkan Bantuan COVID-19 untuk Korban Banjir Luwu Utara

PANGKEP — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangkep mengalihkan bantuan COVID-19 untuk membantu korban banjir bandang di Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Bantuan ini berupa Beras, Telur, Minyak dan Gula Pasir sebanyak 300 paket.

Kepala BPBD Kabupaten Pangkep Kallang Ambo Dalle, Rabu (29/7), membenarkan pengalihan bantuan tersebut. Namun dirinya belum mengetahui pasti rincian prosedural pengalihan bantuan tersebut dan apakah melanggar aturan atau tidak.

“Betul bantuan warga terpapar COVID-19 yang ada di gudang BPBD dialihkan untuk bantuan bencana alam di Luwu Utara. Saya juga hanya dapat laporan dari kabid (kepala bidang),” katanya.

Secara terpisah, Kabid Darurat dan Logistik BPBD Pangkep Ridwan Syam membenarkan pengalihan bantuan COVID-19 tersebut. Menurutnya, pengalihan ini dilakukan karena keadaan darurat.

“Kita membantu warga. Barang yang tersedia di gudang adalah paket COVID-19. Jadi untuk sementara itu yang digunakan, tetapi akan kita ganti kembali paket tersebut. Ini hanya sementara dan darurat agar membantu korban bencana di Masamba,” ujarnya.

Sebelumnya, relawan dari BPBD Kabupaten Pangkep bersama RS Batara Siang turun ke lokasi bencana Luwu Utara untuk menyalurkan bantuan kepada korban banjir bandang.