Pemkab Sigi Ubah Struktur Tim Gugus Tugas COVID-19

Sigi - Dinas Kesehatan menggelar pertemuan perubahan struktur Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sigi tahun 2020 yang dibuka langsung oleh Bupati Sigi Mohamad Irwan.

Bupati Irwan, Selasa (28/7), mengatakan Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 yang dibentuk pada 24 Maret 2020 sampai saat ini telah melaksanakan tugasnya dengan baik dalam upaya penanganan virus corona di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

"Beberapa kebijakan telah dilakukan dengan mempertimbangkan dan merujuk pada tata laksana penanganan COVID-19, baik protokol kesehatan, pengawasan dan pembatasan sosial pada area pendidikan, publik, dan transportasi. Tim Gugus Tugas COVID-19 Sigi juga telah memaksimalkan sistem pelayanan kesehatan mulai dari identifikasi, pelacakan kasus, penyediaan fasilitas pemeriksaan, serta menyiapkan ruang isolasi," jelas Irwan.

Upaya yang telah dilaksanakan ini, ujar Irwan, telah memberikan hasil yang baik, dimana menempatkan Kabupaten Sigi berada pada zona kuning atau kabupaten dengan risiko rendah dan sesuai perkembangan data saat ini terus bergerak kearah zona hijau atau bebas kasus COVID-19.

Irwan menjelaskan, saat ini penanganan COVID-19 memasuki tahap baru sesuai dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 tentang Pembentukan Komite Penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Komite ini terdiri atas Komite Kebijakan, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 dan Satgas Transformasi dan Pemulihan Ekonomi.

"Sesuai dengan 0eraturan yang ada maka masing-masing $aerah diberikan kewenangan untuk membentuk satuan tugas sesuai dengan ketentuan yang telah diatur dalam Peraturan Presiden tersebut.

Terbitnya perpres ini dikarenakan saat ini permasalahan COVID-19 bukan hanya mengenai kesehatan, tetapi berlanjut ke arah ekonomi, sehingga penanganannya tidak bisa dilepaskan dari upaya pemulihan perekonomian.

Bupati Irwan juga mengingatkan bahwa masa pandemi belum berakhir, di beberapa daerah masih terjadi peningkatan kasus konfirmasi bahkan meninggal dunia.

"Kita harus terus meningkatkan kewaspadaan pada masyarakat serta melakukan edukasi untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan dan menjaga imunitas tubuh agar terhindar dari virus penyebab COVID-19," ujarnya.

Irwan juga mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada seluruh Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sigi mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, sampai desa yang telah bekerja secara maksimal selama tiga bulan terakhir.

Irwan juga berharap dengan terbentuknya Komite Penanganan COVID-19 nantinya akan semakin mengoptimalkan upaya yang telah dilaksanakan sebelumnya.