Pemkab Tanah Datar Siap Gelar Shalat Idul Adha

Tanah Datar - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, akan menggelar shalat Idul Adha 1441 Hijriah di lapangan Gumarang, Batusangkar, Jumat (31/7).

"Sesuai dengan keputusan rapat PHBI dan unsur terkait lainnya di Rumah Dinas Wabup, Insya Allah kita akan menggelar shalat Idul Adha di lapangan Gumarang. Ini dilakukan untuk memudahkan pelaksanaan protokol kesehatan bagi jamaah,” kata Kepala Bagian Kesra Tanah Datar Afrizon, Rabu (29/7).

Menurut Afrizon, awalnya ada opsi untuk dilaksanakan di lapangan Cindua Mato (LCM), namun karena kondisi dan situasi masih pandemi COVID-19, LCM yang mempunyai banyak pintu masuk dinilai riskan dan tidak bisa optimal melaksanakan protokol kesehatan.

“Sesuai aturan protokol kesehatan nantinya jamaah yang ingin melaksanakan Shalat Id Adha di lapangan Gumarang akan diukur suhu tubuh, diwajibkan pakai masker dan jarak per shaf diatur,” ungkapnya.

Adapun jika cuaca tidak memungkinkan shalat akan dilaksanakan pada tujuh masjid di lingkup kota Batusangkar yaitu Masjid Ihsan Lantai Batu, Masjid Raya Lantai Batu, Masjid Taqwa Parak Juar, Masjid Amaliyah Kampung Baru, Masjid Muhammadiyah Tanah Datar, Masjid Al Faaizin Pincuran Tujuh dan Masjid Huriyah Malana.

“Jika cuaca tidak memungkin pindah ke Masjid Ihsan Lantai Batu dan enam masjid lainnya juga sudah disiapkan khatib dan imamnya,” tukas Afrizon.