Pangkep Dapat Bantuan Kapal dari Pemerintah Pusat

Pangkep - Pemerintah Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan mendapatkan satu unit bantuan kapal angkutan untuk masyarakat dari pemerintah pusat. Kapal yang bernama Banawa Nusantara VI ini telah berada di Dermaga Maccini Baji, Kecamatan Labakkang, Pangkep.

Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut Dishub Pangkep, Faizal Yusif mengatakan, bantuan ini berdasarkan permintaan Dinas Perhubungan Kabupaten Pangkep ke pemerintah pusat agar diberikan fasilitas angkutan bagi masyarakat mengingat Pangkep adalah wilayah kepulauan dengan ratusan pulau.

Faizal mengatakan, KM Banawa Nusantara VI rencananya akan meliputi tiga pulau yaitu Sabutung, Samatellu dan Gondong Bali. Ia berharap dengan pelayaran reguler, maka warga pulau akan lebih mudah menjual hasil laut mereka ke daratan.

"Rencananya kapal ini akan berlayar secara reguler dari dermaga Maccini Baji ke tiga pulau itu. Jadwalnya akan disesuaikan dengan hari pasar di Labakakang agar bisa menjadi kesempatan warga jual beli di pasar," ucap Faizal di kantor Dishub Pangkep, Kecamatan Bungoro, Rabu (13/3).

KM Banawa Nusantara memiliki kapasitas 34 grosston (GT) dengan kapasitas penumpang 30 orang dan barang seberat 10 ton. Saat ini kapal tersebut sedang dalam uji layar sebelum resmi melayani masyarakat pada April mendatang. Untuk tarif sendiri, Faizal menuturkan pemerintah akan memberikan subsidi agar tarif bisa ditekan serendah mungkin agar terjangkau bagi warga pulau.

Saat ini, Pangkep baru memiliki satu kapal perintis yang melayani rute Maccini Baji ke Pulau Sapuka, Kecamatan Liukang Tangaya. Sementara untuk tahun ini, pemkab Pangkep kembali akan menerima dua kapal baru yang akan menjangkau Kecamatan Liukang Kalmas yang berbatasan dengan Kalimantan.

"Janjinya Juni nanti kita akan kembali dapat kapal untuk Kalmas. Semoga ini menjadi sarana yang bisa mendorong memajukan ekonomi masyarakat kita di pulau terluar," pungkasnya.