Bupati Aceh Tengah Ikuti Peringatan HAN Virtual

Takengon - Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mendampingi anak-anak dari komunitas Forum Anak Tanah Gayo, mengikuti Acara Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2020 Tingkat Provinsi Aceh secara virtual, Rabu (29/7).

Dalam Peringatan HAN 2020 yang mengangkat Tema “Anak Aceh Terlindungi. Aceh Hebat, Indonesia Maju” itu, Forum Anak Tanoh Gayo Aceh Tengah yang diwakili oleh Ananda Misna, menyampaikan aspirasi suara anak kepada Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang membuka acara itu di Banda Aceh.

“Kami dari Forum Anak Tanah Gayo, memohon kepada pemerintah untuk mengoptimalkan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) dan Akta Kelahiran, serta memohon kepada pemerintah untuk menyediakan tempat konseling bagi anak,” katanya.

Menanggapi aspirasi dari komunitas anak tersebut, Nova Iriansyah memberikan apresiasi kepada anak-anak telah berani menyampaikan suara mereka sebagai representasi suara anak-anak Aceh maupun anak-anak Indonesia pada umumnya.

“Kami sangat apresiasi suara anak yang disampaikan. Pemerintah Aceh berkomitmen mewujudkan apa yang menjadi harapan dan pemenuhan hak anak,” ujarnya.

Sementara Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menyampaikan bahwa peringatan Hari Anak Nasional  hendaknya menjadi momentum pengingat bahwa anak dan remaja juga memiliki suara yang harus didengar dan hak yang harus dipenuhi.

"Mendengarkan suara mereka adalah sama halnya dengan bentuk penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak mereka sebagai generasi penerus perjuangan bangsa," tuturnya.

Shebela juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah punya kepedulian dan komitmen terhadap masa depan generasi muda dibuktikan dengan adanya deklarasi dan upaya perwujudan Kabupaten Aceh Tengah sebagai Kabupaten Layak Anak.

“Komitmen kita jelas akan wujudkan daerah sebagai Kabupaten Layak Anak, sehingga perkembangan fisik, psikologis, bakan dan kemampuan mereka terakomodir dan anak-anak merasa terayomi karena hak-hak mereka kita lindungi,” tegasnya.