Ramadhan, Rutan Pangkep Bekali Napi dengan Ilmu Keagamaan

 

Pangkep - Dalam menyongsong bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah, para narapidana muslim di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Rutan Kelas IIB Mattampa, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan menjalani pembekalan ilmu keagamaan.

"Bukan hanya berkreasi produktif dalam menciptakan sesuatu yang bernilai, kita juga mantapkan aqidah dan ilmu keagamaan para napi," Kepala Lapas Rutan Kelas IIB Mattampa Pangkep, Ashari, di Pangkep, Rabu (8/5).

Program itu, lanjutnya, yakni tadarus Al Quran satu bulan 30 juz tamat, pesantren Ramadan, Salat Tarawih berjamaah, pembacaan hadist setiap ba'dah Ashar.

"Ini kita bekerjasama dengan pihak Kementerian Agama untuk mengajarkan dan membimbing para napi di sini," ujarnya.

Ditambahkannya, Ramadhan adalah bulan penuh berkah, tak terkecuali bagi narapidana yang sedang menjalani hukuman di rutan, sehingga masyarakat luar maupun di dalam rutan memanfaakan bulan suci ini melalui tadarrus Al Quran 30 juz setiap malam di masjid Attaubah rutan.

"Kita berharap bahwa mereka lebih dekat dengan Allah SWT, serta menyadari kesalahan, dan nantinya kembali ke tengah-tengah masyarakat, dapat melakukan hal berguna dan bermanfaat," ujarnya.

Ashari menambahkan, tahun ini Rutan Kelas IIB Mattampa Pangkep telah merekomendasikan sebanyak 196 orang narapidana untuk mendapatkan remisi Idul Fitri 1440 hijriah.