Ketua DPRD Pangkep Dukung MTQ Ke-31 Tingkat Sulsel

Pangkep - Ketua DPRD Kabupaten Pangkep Muhammad Yusran Lalogau mendukung pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-31 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang dilakukan secara virtual di Kabupaten Pangkep.

“Saya kira jauh lebih baik kalau MTQ ini dilakukan secara virtual karena pandemi COVID-19. MTQ ini sangat penting sebagai ajang pencarian wakil Sulawesi Selatan di MTQ nasional di Sumatera Barat yang akan digelar akhir 2020," ujarnya di Pangkep, Minggu (2/8).

Sementara itu, Kepala Kantor Agama Kabupaten Pangkep Jamaruddin mengatakan bahwa MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Selatan harusnya dilakukan 10 hari yakni 9-19 April 2020 yang lalu, namun karena pandemi COVID-19 sehingga pelaksanaannya ditunda.

Menurut dia, MTQ adalah kegiatan penting karena menjadi ajang rekrutmen dan seleksi untuk mempersiapkan peserta yang akan mengikuti MTQ tingkat nasional di Padang, Sumatera Barat akhir tahun 2020.

"MTQ menjadi ajang rekrutmen, pencarian bakat, kita seleksi di tingkat kabupaten dan kota. Seperti sekarang ini lewat MTQ tingkat provinsi yang nantinya akan diutus ke tingkat nasional," katanya.

Dalam rapat koordinasi dengan Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid bersama Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pangkep Jamaruddin beserta jajaran panitia lainnya mengemuka sejumlah opsi tentang teknis pelaksanaan.

Dijelaskannya bahwa ada yang menginginkan kombinasi antara virtual dengan konvensional dimana cabang lomba tertentu tetap digelar dengan menghadirkan peserta dan dewan juri dalam satu panggung, Namun akhirnya disepakati bahwa secara keseluruhan dilaksanakan secara virtual.