Peringati Harkitnas, Dandim Pangkep Ingatkan Jaga Persatuan Bangsa

Pangkep - Pemerintah Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan, menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 Tahun 2019 dengan tema "Bangkit Untuk Bersatu" di Kantor Bupati Pangkep, Senin (20/5).

Dandim 1421 Pangkep Letkol Inf Adi Sabaruddin, selaku inspektur upacara membacakan amanat dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara bahwa peringatan Harkitnas kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks sumpah palapa.

"Kita berada dalam situasi pascapesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat. Kita yang mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa," jelasnya.

Apalagi katanya, telah lebih satu abad bangsa menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo.

"Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkah bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrem di dunia, kita membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini. Oleh sebab itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia," bebernya.

Lebih lanjut, Dandim 1421 Pangkep juga mengaitkan momentum Harkitnas 2019 dengan bulan suci Ramadan.

"Apalagi peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasana Ramadan. Bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah. Hingga pada akhirnya, pada ujung bulan Ramadan nanti, kita bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara di sekitar kita," bebernya.

Sementara itu, Kapolres Pangkep, AKBP Tulus Sinaga usai pelaksanaan upacara menyampaikan bahwa, peringatan Harkitnas untuk mengajak anggotanya meningkatkan semangat dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara.

"Kami sebagai pelayan masyarakat akan tetap bersemangat dalam bekerja, sebagaimana semangat para pendahulu," ujar kapolres.