Polres Mabar Gelar TFG Pengamanan Pilkada Serentak 2020

Labuan Bajo - Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat menggelar latihan "Tactical Floor Game" (TFG) dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada Serentak 2020 untuk pemilihan Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Manggarai Barat 2020, Senin (3/8).

Kegiatan pelatihan dipimpin langsung Wakapolres Mabar Kompol Sukanda dan dihadiri oleh Pejabat Utama Polres Mabar, Kapolsek Sano Nggoang Iptu I Wayan Merta, Kapolsek Macang Pacar Ipda Eka Darma Yudha, Kapolsek Kuwus Ipda Matheos A.D. Siok, Ps. Danton II Brimob Kompi IV Labuan Bajo Aipda Gorgias Muskitta, Perwira Staf dan Personel Polres Mabar.

Kapolres Mabar AKBP Handoyo Santoso dalam sambutannya yang dibacakan Kabag Ops Polres Mabar AKP Roberth M Bolle mengatakan, TFG dilaksanakan sebagai gambaran awal terhadap situasi di Kabupaten Manggarai Barat yang membutuhkan penanganan khusus.

"Pelatihan TFG juga dilakukan untuk memberikan gambaran langkah–langkah yang harus dilakukan personil dalam pengamanan Pilkada di lapangan nantinya," ungkapnya.

Dijelaskan dalam pelaksanaan TFG merupakan bagian dari skenario latihan untuk mematangkan rencana operasi yang telah disusun bersama staf dan pelaku latihan, dan personel diberikan pengarahan mengenai tahapan untuk cara bertindak dalam menghadapi massa.

Kabag Ops menegaskan latihan ini untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi saat aksi unjuk rasa saat Pilkada, dan terkait dengan rencana pelaksanaan pengamanan yang akan dilakukan Polres Mabar dalam waktu dekat ini.

"TFG juga dilakukan agar personel yang melaksanakan tugas pengamanan apapun bentuknya tidak salah dalam menempatkan diri, baik itu yang melaksanakan pengamanan terbuka maupun tertutup semuanya harus sesuai dengan prosedur tetap," urainya.

Adapun TFG bertujuan menyamakan persepsi terkait dislokasi, kekuatan personel, tahapan dan cara bertindak serta sarana prasarana yang akan digunakan.