Bupati Pangkep Bertekad Bangun Desa, Gelontorkan Anggaran Rp150 Miliar

Pangkep - Bupati Pangkep, Sulawesi Selatan, Syamsuddin Hamid menegaskan tekadnya untuk membangun desa, salah satunya dengan menggelontorkan anggaran sebesar Rp150 Miliar untuk 65 desa di wilayah setempat.

Menurut Kepala Dinas PMD Kabupaten Pangkep, Abdul Haris AP saat ditemui di kantornya, Senin (10/6), mengatakan bahwa Bupati Pangkep Syamsuddin benar-benar menginginkan agar pembangunan di desa semakin digenjot dengan melibatkan masyarakat secara langsung dalam menyusun program desa.

Abdul Haris mengatakan, Bupati Pangkep berharap agar dana desa dan ADD yang kini digelontorkan di 65 Desa yang tersebar di tiga dimensi yakni kepulauan, daratan dan pegunungan dapat dirasakan secara langsung dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dia menambahkan, Bupati Pangkep berpesan agar penggunaan anggaran pada setiap desa dapat dilaksanakan tepat sasaran, sehingga penggunaannya dapat terlihat dan dirasakan langsung hasil pembangunan oleh masyarakat, minimal potensi yang ada di desa tersebut dapat disentuh untuk kesejahteraan rakyat.

Lanjut  Abdul Haris, ADD dikeluarkan Pangkep sebesar Rp79 Miliar, sementara dana desa dari pusat hanya Rp71 Miliar, atau lebih besar dana yang dikeluarkan Pemkab Pangkep dibandingkan dana desa dari pusat dengan jumlah total secara keseluruhan yang diberikan ke 65 desa sebesar Rp150 Miliar.

"Pencairan dana desa untuk tahap awal tahun 2019 sudah diterima masing-masing desa, kemudian untuk tahap kedua diharapkan dapat direalisasikan pada Juni , karena pencairan dana hanya dilakukan tiga kali setahun dan diharapkan kepala desa segera menyelesaikan laporannya sebab pencairan anggaran tahap kedua dapat dilakukan pada Juli," ujarnya. (Mcpangkajene)