Pangkep Gelar Apel Konsolidasi Sinergitas Operasi Ketupat dan Kesiapan Sidang PHPU

Pangkep - Pemkab Pangkep, Sulawesi Selatan, menggelar Apel Konsolidasi Sinergitas Operasi Ketupat Tahun 2019 dan Kesiapan Pengamanan Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR) Merpati Mas Kelurahan Padoang-Doangan, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkep, pada Kamis (13/6), yang dipimpin langsung oleh Kapolres Pangkep.

Kapolres Pangkep saat membacakan amanat Kapolda Sulsel menyatakan bahwa Operasi Ketupat Tahun 2019 yang telah digelar sejak 29 Mei hingga 10 juni 2019 telah sesuai dengan target yang telah direncanakan dan berjalan dengan tertib aman dan lancar.

Kapolres Pangkep mengatakan, pada Operasi Ketupat Tahun 2019 melibatkan 5.035 personel yang terdiri dari 438 prajurit TNI, 544 personel satgas Polda Sulsel, 2.118 personel jajaran Polres Pangkep dan instansi terkait sebanyak 1.935 orang.

 

Kemudian untuk pos terpadu digelar di seluruh jajaran Polda Sulsel sebanyak 119 titik, terdiri dari 67 titik pos pengamanan, 42 titik pos pelayanan, dan 10 titik pos terpadu, gangguan kamtibmas yang terjadi selama pelaksanaan Operasi Ketupat 2019 mengalami penurunan sebanyak 38 kasus atau 23 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu untuk kasus kecelakaan lalu lintas selama Ops Ketupat 2019 mengalami penurunan sebanyak 112 kasus atau 72 persen dari tahun sebelumnya serta arus mudik yang menggunakan transportasi darat dan laut mengalami peningkatan sebesar 15 persen sedangkan transportasi udara mengalami penurunan sebesar 8,97 persen dari tahun sebelumnya.

 

Bahwa Keberhasilan yang telah diraih dalam Operasi Ketupat 2019 adalah berkat kerjasama yang baik dan sinergitas seluruh unsur yang terkait yang kita jalin selama ini dimana Polri didukung TNI dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Ketupat 2019 bekerja keras dan mengerahkan segenap sumber daya dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

 

Kapolres Pangkep menambahkan, ada 2 tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan apel ini antara lain, untuk konsolidasi mengecek kembali kesiapan personel, peralatan dan seluruh aspek operasi termasuk sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara.

Kedua, menunjukkan kesiapan unsur pengamanan dalam menghadapi tugas kedepan dalam rangka kesiapan pengamanan sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) untuk Pilpres yang akan digelar pada Jumat, 14 juni 2019.

 

Turut Hadir dalam Apel tersebut, Wakapolres Pangkep Kompol Syukri Abham, SH, Kasdim 1421 Pangkep Mayor Arm. Takbir, Ketua KPU Kab. Pangkep Burhan, SH, Komisioner Bawaslu Pangkep Drs. H. Mustafa, Kadis Damkar Pemda Pangkep Drs Nasaruddin yang diikuti Peserta Apel yakni Personil Polres Pangkep dan gabungan polsek jajaran, Kodim 1421 Pangkep Satpol PP Dishub (DLLAJ) Dinas Kesehatan Damkar.