Bupati Pandeglang: Pembangunan Jalan Terkendala Refocusing Anggaran COVID-19

Pandeglang - Pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak bagi kesehatan, namun juga kepada anggaran Kabupaten Pandeglang tahun 2020 yang mengakibatkan terjadinya refocusing.

"Banyak terjadinya refocusing sehingga beberapa program pembangunan jalan tidak dapat dilaksanakan karena anggaran dialihkan untuk bantuan sosial dalam penanganan COVID-19," ujar Bupati Pandeglang Irna Narulita saat kunjungan kerja di Kecamatan Angsana, Kamis (6/8).

Dikatakan Irna, salah satu anggaran yang di-refocusing adalah Dana Alokasi Khusus (DAK) yang dialihkan oleh pemerintah pusat untuk penanganan COVID-19.

"Banyak perencanaan seperti untuk pembangunan jalan yang dianggarkan dari DAK tidak dapat dilaksanakan karena anggaran ditarik oleh pemerintah pusat salah satunya dialihkan untuk anggaran Bantuan Sosial Tunai (BST)," imbuhnya.

Irna menambahkan walaupun tahun 2020 terjadi refocusing anggaran, akan tetapi pembangunan di tahun sebelumnya sudah banyak yang telah dilaksanakan, khususnya di Kecamatan Angsana.

"Diantaranya program yang dilaksanakan adalah BSPS di dua desa sebanyak 162 unit, pamsimas, sanitasi, dan jalan beton di Desa Sumur Laban," paparnya.