Bupati Pandeglang: DESK Pilkada untuk Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

Pandeglang - Dukungan Elemen Satuan Kerja (DESK) Pilkada penting dilakukan guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi tersebut. Dengan adanya DESK Pilkada, tentu akan memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Pesta demokrasi hajat kita bersama bukan hanya tanggung jawab KPU dan Bawaslu saja," ujar Bupati Pandeglang Irna Narulita pada acara sosialisasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 di Kecamatan Angsana, Kamis (6/8).

Dikatakan Irna, untuk mengedukasi masyarakat terkait pesta demokrasi adalah tugas semua elemen, baik pemerintah, pelaksana pemilu, babinsa, babinkamtibmas dan masyarakat itu sendiri.

"Harapan kami yang tadinya partisipasi hanya 77 persen bisa lebih meningkat, sehingga masyarakat mau datang menyalurkan hak pilih nya untuk datang ke TPS," ujarnya.

Selain mendorong peningkatan partisipasi, diungkapkan Irna, pada pemilu kali ini harus mengikuti protokol kesehatan karena berada di tengah pandemi COVID-19.

"Hal ini tentu harus terus disosialisasikan salah satunya memakai masker," imbuhnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Samsuri yang hadir sebagai narasumber, mengatakan semua tahapan yang dilakukan sama seperti biasa, namun kata dia ada beberapa yang menyesuaikan dengan protokol kesehatan.

"Seperti coklit, petugas menggunakan masker dan tidak masuk ke dalam rumah pemilih," ungkapnya.

Selain itu pada pelaksanaannya nanti petugas juga akan memakai APD, pemilih harus menggunakan masker dan mencuci tangan terlebih dahulu, tinta yang dipakai pun model semprot.

Penyesuaian inilah, dikatakan Samsuri, yang akan terus disosialisasikan kepada masyarakat.

"Hal inilah yang akan terus kami sosialisasikan secara menyeluruh sehingga masyarakat bisa menyesuaikan dengan ketentuan yang ada," ujarnya.

Hadir dalam acara ini Pelaksana Tugas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pery Hasanudin, Komisioner Bawaslu Pandeglang Fauzi Ilham, Camat Angsana Arif Budiman, para kepala dan perangkat desa.