Desa Mattiro Baji Tidak Perpanjang BLT DD

Pangkep – Pemerintah Desa Mattiro Baji menggelar Musyawarah Desa (Musdes) khusus terkait kelanjutan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Pulau Saugi, Desa Mattiro Baji, Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara, Kabupaten Pangkep, Rabu (5/8).

Dalam musyawarah desa khusus tersebut, warga penerima sepakat dan berlapang dada BLT DD dialihkan untuk program lebih bermanfaat jangka panjang dalam peningkatan perekonomian warga Desa Mattiro Baji.

"Hasil koordinasi kami dengan Dinas PMD terkait kas desa tidak mencukupi untuk pencairan BLT DD tahap selanjutnya, sehingga fokus kepada bantuan pemberdayaan masyarakat, seperti bantuan perahu bagi nelayan bala-bala, termasuk mesin,” ujar pendamping lokal desa, Arman.

Ia juga berharap, warga dapat menerima kebijakan tersebut lantaran anggaran BLT DD sudah tidak mencukupi, sementara masih banyak program pemerintah desa yang juga wajib dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Camat Mursalim menjelaskan, sesuai instruksi Permendes Nomor 7 tentang Kelanjutan BLT, telah disampaikan ke seluruh kepala desa bahwa selama anggaran mencukupi silahkan BLT dilanjutkan.

“Jadi ketika penyaluran BLT DD tetap dipaksakan, sementara anggaran sudah tidak mencukupi yang tidak dapat pasti kecewa,” kata Mursalim.

Lanjutnya, sesuai hasil verifikasi dan koordinasi P3MD diketahui bahwa sudah tidak memungkinkan BLT DDdilanjut.

“Lebih baik anggaran ini (BLT DD) dimasukkan ke program yang lebih menyentuh peningkatan perekonomian warga yang berkelanjutan sesuai dengan program yang tertuang di dalam APBDes,” tutup Mursalim.