Bupati Pringsewu Groundbreaking Pembangunan Green House Hidroponik

Ambarawa - Bupati Pringsewu Sujadi melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Green House Pengembangan Hidroponik di Pekon Jati Agung, Kecamatan Ambarawa, Jumat (7/8). Acara ini juga sekaligus dirangkaikan dengan dimulainya pembangunan rumah produksi olahan makanan di Kelurahan Pringsewu Timur.

Laporan penyelenggaraan kegiatan oleh Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pringsewu Imam Santiko Raharjo disebutkan bahwa pelaksanaan program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kabupaten Pringsewu hingga saat ini terus berjalan.Melalui program Peningkatan Penghidupan Masyarakat Berbasis Komunitas (PPMK) Kotaku telah terbentuk 203 kelompok swadaya masyarakat, dengan sebanyak 1.081 anggota di sembilan pekon/kelurahan yang tersebar di Kecamatan Pringsewu dan Kecamatan Ambawara.

Imam menambahkan, pembangunan Green house "Hidro Agung" pengembangan budidaya tanaman hidroponik dan pembangunan rumah produksi "Oemah Sewu" sentra produksi olahan makanan keripik, merupakan pelayanan infrastruktur produktif melalui kegiatan prasarana pengembangan penghidupan masyarakat, dengan pagu masing-masing Rp1 miliar.

Sementara itu, Kepala BPPW Lampung Maria Doeni Isa menyampaikan, KOTAKU adalah program yang dilaksanakan secara nasional di 313 kabupaten/kota di 34 provinsi yang menjadi basis penanganan permukiman kumuh yang mengintegrasikan berbagai sumber daya dan sumber pendanaan, termasuk dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, swasta, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya. KOTAKU bermaksud untuk membangun sistem yang terpadu untuk penanganan permukiman kumuh, dimana pemerintah daerah memimpin dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan dalam perencanaan maupun implementasinya, serta mengedepankan partisipasi masyarakat.

Sementara itu, Bupati Sujadi mengatakan, Kabupaten Pringsewu merupakan wilayah yang sangat layak dan memenuhi syarat untuk dilaksanakannya program KOTAKU.

"Terima kasih kepada semua pihak atas pelaksanaan program KOTAKU, dan semoga ada program-program lain yang dapat dilaksanakan di Kabupaten Pringsewu. Pemerintah Kabupaten Pringsewu siap mendukung demi terciptanya kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pringsewu," ujarnya.

Acara ini turut dihadiri oleh Kasatker Pelaksana Prasarana Permukiman Provinsi Lampung M Syukron Fikri, BPPW Lampung Fajar Imanuel Simanjorang, Staf Ahli Bupati Pringsewu Bidang Perekonomian, Pembangunan, dan Keuangan Romzi Halim, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan John Drawadi, Kadis Kominfo Samsir Kasim, Kadis LH Hendrid, Camat Pringsewu Nang Abidin Hasan, Camat Ambarawa Sutikno, Lurah Pringsewu Timur Sukron, serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat.