Pasar Tani di Kantor Bupati Jayapura Akan Tetap Dibuka

Sentani - Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jayapura David A Zakaria mengatakan, Pasar Tani yang digelar pihaknya bersama dengan sejumlah pedagang di sekitar Kompleks Kantor Bupati Jayapura akan berlangsung lama.

"Kita tidak akan tutup kemungkinan ini akan terus berlangsung tidak saja karena pandemi COVID-19," kata David Zakaria di Sentani, Senin (3/8).

Dia mengatakan, sesuai instruksi bupati bahwa pemerintah wajib untuk memberikan solusi bagi masyarakat khususnya para petani terkait dengan hasil komoditi yang yang digarap di lahan-lahan kebun milik petani. Salah satu solusi yang dilakukan saat ini dengan melaksanakan kegiatan jual beli melalui Pasar Tani di Kompleks Kantor Bupati Jayapura.

"Ini program kami untuk membantu para petani kita supaya mereka bisa menjual langsung hasil kebun mereka kepada para pegawai yang ada di sini," katanya.

Dia mengatakan, kehadiran Pasar Tani setidaknya telah memberikan dampak baik kepada para petani yang selama ini kesulitan menemukan pasar untuk menjual hasil kebun mereka. Melalui pasar tani itu para petani diajak terlibat langsung untuk memasarkan hasil-hasil kebun mereka.

"Jadi kita mendukung dan mensupport para petani ini supaya mereka berjualan langsung di sini tanpa ada lagi perantara, tetapi mereka sendiri yang datang dan menjual di kompleks kantor Bupati Jayapura ini," tandasnya.

Dia mengatakan, apabila jualan itu belum habis terjual, pihaknya yang akan membantu untuk membeli dan kembali memasarkannya.