Wabup Tanah Datar Himbau Tradisi Baronde Tetap Dilestarikan

Tanah Datar - Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma berharap tradisi baronde di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan tetap dijaga dan dilestarikan.

"Ini tradisi dari leluhur yang diwarisi dan harus dijaga, sekarang bagaimana kita dapat menyandingkan dengan kemajuan teknologi pertanian," katanya kemarin.

Adapun Baronde merupakan tradisi yang sudah turun temurun dimana saat memanen padi secara bergiliran masyarakat menunjukkan kekompakan melakukan aktifitas pertanian di satu hamparan yang luas.

Terkait pengembangan objek wisata di Nagari Batu Taba, Wabup minta kegiatan baronde ini dapat digabungkan dengan pesona galundi sehingga akan lebih menarik dan aktifitas pertanian tradisional masyarakat akan tampak dan nuansanya akan lebih terasa.

Lebih lanjut, Wabup juga menyebutkan visi misi daerah salah satunya fokus di bidang pertanian dan merupakan sektor unggulan dan tahun 2021 pemerintah daerah akan mengalokasikan anggaran untuk 500 ha lahan.

"Sektor pertanian saat ini menjadi perhatian, mayoritas masyarakat di Tanah Datar bergerak pada sektor tersebut ke depan pemerintah daerah akan berupaya memberi perhatian serius pada sektor pertanian ini,” tegasnya. (KominfoTanahDatar)