Disdik Pangkep Gelontorkan Rp19 Miliar untuk SPP Gratis Mahasiswa

Pangkep - Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, mulai memverifikasi berkas sekitar 5.000 mahasiswa yang tersebar di berbagai perguruan tinggi terkait program SPP gratis.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pangkep Muslimin Yusuf, menjelaskan bahwa peminat program SPP gratis yang dicanangkan sejak 2017 lalu, terus mengalami kenaikan jumlah mahasiswa dan anggaran yang disediakan.

"Setiap tahun meningkat, tahun ini untuk tahap pertama kita siapkan anggaran Rp8 miliar, sehingga totalnya untuk tahun ini sebanyak Rp19 miliar," ujarnya.

Ia juga menyampaikan saat ini pihaknya tengah melakukan proses verifikasi terhadap ribuan berkas pengusulan bantuan yang masuk, sebab tidak semua diterima kembali.

"Kita verifikasi kembali lagi apakah mahasiswa tersebut masih aktif kuliah atau jangan sampai sudah selesai tetapi masih mengajukan. Jika selesai verifikasi maka pencairan sudah bisa dilakukan pada bulan depan," ucapnya.

Pihaknya berharap melalui program SPP gratis yang diberikan maksimal Rp2 juta tiap mahasiswa ini dapat meningkatkan minat lulusan SMA sederajat di Pangkep untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Anggaran yang disiapkan pun terus mengalami kenaikan sejak 2017 lalu yang hanya Rp12 miliar, kemudian pada 2018 naik menjadi Rp15 miliar dan tahun ini mencapai Rp19 miliar yang digelontorkan untuk program SPP gratis mahasiswa asal Kabupaten Pangkep. Sementara itu untuk penerima bantuan pada tahap pertama ini sebanyak 5.230 mahasiswa.

Senada dengan itu, Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid berharap dengan hadirnya program SPP gratis yang disiapkan oleh pemkab semakin menambah jumlah pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Program kita ini untuk mengangkat angka pendidikan di Pangkep, sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Baik itu swasta maupun negeri kita sudah siapkan untuk SPP-nya," pungkasnya. (Mcpangkajene)