Wabup Mabar Minta ASN Netral di Pilkada

Labuan Bajo - Wakil Bupati Manggarai Barat (Mabar) Maria Geong mengimbau aparatur sipil negara (ASN) untuk menjunjung tinggi netralitas dalam pilkada, sebab jika memihak salah satu pasangan calon akan ada sanksi yang menanti.

“Saya ini 31 tahun pernah menjadi seorang ASN dan bersyukur bisa tetap menjaga itu sehingga selamat sampai sekarang. Saya minta agar ASN tetap menjaga netralitas," ungkapnya saat bertindak sebagai pembina apel kekuatan di halaman kantor Bupati Mabar, Senin (10/8).

Wabup Maria mengatakan bahwa pemilihan kepala daerah berarti kita memilih seorang pemimpin yang akan menjadi pemimpin birokrasi dan eksekutif.

Kedua, tambah Maria, dia adalah pemimpin pembangunan dan ketiga dia adalah pemimpin masyarakat. Inilah semangat Otonomi Daerah. Oleh karena itu, Wabup Maria mengajak ASN untuk tidak apatis dengan Pilkada mendatang.

“Jadi saya di sini berbicara sebagai wakil bupati dan saya pernah menjadi birokrasi sehingga saya berharap bahwa prinsip-prinsip dan semangat-semangat otonomi daerah ini menjadi ukuran. Saya berharap ASN juga tidak menjadi apatis terhadap pilkada ini. Mari kita ikut terlibat dan ambil bagian di dalamnya jangan sampai kita sebagai ASN mengabaikan hal ini dan tentu kita sebagai ikut bertanggung jawab," tegasnya.

Wabup Maria meminta agar dalam proses demokrasi atau Pilkada 2020, ASN tidak boleh memaksakan kehendak kepada masyarakat dalam memilih pemimpinnya.

Dirinya berharap agar masyarakat menjalankan pesta demokrasi ini dengan penuh kebebasan tanpa tekanan dan memberikan pemikiran yang baik agar mempengaruhi orang-orang untuk ikut mengambil bagian dengan cara yang baik dan benar.

“Kita semua mempunyai pilihan dan yang maju dalam pilkada ini adalah orang-orang terbaiki dari daerah ini. Pasti orang-orang terbaik karena mereka memiliki visi untuk bagaimana membawa daerah ini maju, tapi kewajiban kita adalah bagaimana kita ikut ambil bagian memberikan sumbangan dalam bentuk suara tidak boleh analis," katanya.

Kemudian, dirinya meminta perhatian kepada semua peserta apel agar tidak boleh memaksakan kehendak kita kepada orang lain, berikan keleluasan, motivasi, pemikiran yang baik agar mempengaruhi orang-orang untuk ikut mengambil bagian dengan cara yang baik dan benar.

"Jadi saya harap potensi ASN dengan jumlah yang besar ikut membantu memberikan motivasi kepada masyarakat agar mereka ikut ambil bagian, terlibat dalam pesta demokrasi dan memilih kepala daerahnya," harapnya.