Pemkot Mataram Lepas Jamaah Calon Haji ASN

Mataram - Sekretaris Daerah Kota Mataram Effendy Eko Saswito melepas Jamaah Calon Haji (JCH) Aparatur Sipil Negeri (ASN) lingkup Pemkot Mataram di Mushala Siti Aisyah, Sekretariat Daerah Kota Mataram, Jumat (28/6).

Pelepasan JCH yang dirangkaikan dengan kegiatan imtaq ini dihadiri oleh jajaran Asisten Kota Mataram, Pimpinan Perangkat Daerah (PD) lingkup Kota Mataram serta jajaran ASN muslim lingkup Kota Mataram. Turut hadir Ketua MUI Kota Mataram TGH Mukhtar yang juga didaulat untuk menyampaikan uraian hikmah terkait ibadah haji.

Berdasarkan laporan dari perwakilan IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Korpri Kota Mataram, pada tahun ini merupakan tahun ke-13 Korpri Kota Mataram melaksanakan pelepasan JCH ASN lingkup Pemerintah Kota Mataram sejak pertama kali digelar pada 2006.

Untuk tahun ini jumlah ASN yang akan berangkat ke Tanah Suci berjumlah 50 orang, yang terdiri dari 26 orang guru dan 24 orang lagi ASN dari OPD lingkup Kota Mataram.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Mataram Effendi Eko Saswito menyampaikan, pelepasan JCH ASN Kota Mataram merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap tahunnya.

"Kegiatan pelepasan jamaah haji ini merupakan tradisi setiap tahun di Kota Mataram," ungkapnya.

Eko menambahkan cukup beruntung bagi JCH yang berangkat, mengingat keterbatasan jumlah haji yang berangkat setiap tahunnya serta jumlah daftar tunggu sangat panjang.

Di akhir sambutannya Sekretaris Daerah Kota Mataram berdoa agar ASN Kota Mataram bisa menunaikan ibadah haji dengan khusyuk dan tenang sehingga menjadi haji yang mabrur.

"Mari kita sama-sama doakan semoga saudara kita memperoleh haji yang mabrur," tutupnya.

Sementara itu, Ketua MUI Kota Mataram TGH Mukhtar mengingatkan agar JCH ASN untuk selalu menggunakan jurus "5L", yaitu luruskan niat, lapangkan dada atau bersikap sabar, lembutkan perilaku, lincah beribadah atau tidak malas dalam menjalankan rukun-rukun haji, dan yang terakhir adalah lillahi ta'ala. (Sem/Rama-Humas)