Pemkab Pangkep-Kemenag Gelar Manasik untuk JCH

Pangkep - Pemkab Pangkep dan Kementerian Agama melaksanakan manasik haji tingkat kabupaten yang diikuti sebanyak 319 orang jemaah calon haji (JCH) yang akan berangkat tahun ini.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jamaruddin, di Masjid Agung Pangkep, Sulawesi Selatan, Selasa (2/7) mengatakan, jika jumlah calon haji Pangkep kini bertambah. Jika setiap tahunnya Pangkep hanya dapat memberangkatkan sekitar 304 orang, dengan kebijakan pemerintah pusat yang menambah kuota secara nasional, Kabupaten Pangkep kini dapat memberangkatkan 319 orang JCH.

Meski demikian, Jamaruddin mengatakan jumlah daftar tunggu haji pada akhir Juni 2019 sebanyak 8.829 orang dengan estimasi keberangkatan 28 tahun mendatang.

Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid, saat membuka manasik haji mengharapkan agar para jemaah calon haji harus menaati aturan umum dan ibadah.

Tidak lupa, Bupati Pangkep berpesan agar mendoakan daerah dan bangsa Indonesia agar selalu aman dan damai, khususnya menjelang Pilkada Serentak 2020 mendatang.

Selanjutnya, untuk jemaah haji setelah dilakukan manasik tingkat kabupaten, dilanjutkan pembekalan dan praktik ibadah yang dilaksanakan pemkab di pesantren. Para calon haji diwajibkan untuk mengikuti pembekalan tersebut selama dua hari. Para calon jemaah haji kemudiam akan diberangkatkan pada kloter 20 dan kloter 31. (Rud/Mcpangkajene)