Bupati Sigi Resmikan Layanan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga Online

Sigi - Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi merilis layanan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) Online "Pagar Air" (Jumpa Warga Tercatat Akta Lahir) bekerjasama dengan UNICEF Indonesia dan Yayasan Karampuang.

Bupati Sigi Mohamad Irwan memberikan apresiasi yang tinggi serta berterima kasih kepada penyelenggara dan segenap unsur yang terlibat dalam kegiatan ini.

"Dalam mengurus akta lahir ini waktunya sangat panjang dan butuh proses, Pemkab Sigi ingin agar pelayanan kepada masyarakat itu bisa cepat," katanya.

Ditambahkan melalui sistem yang dibangun oleh UNICEF dan Dinas Dukcapil Provinsi, Pemkab Sigi sangat terbantu sehingga akses pelayanan kemasyarakat bisa lebih cepat lagi dan dengan adanya pelayanan online ini, masyarakat tidak perlu lagi antrian di Kantor Dukcapil tetapi tinggal mendaftar di desa.

Saat ini pelayanan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) online "Pagar Air" (Jumpa Warga Tercatat Akta Lahir) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sigi yang berbasis layanan bersalin yaitu dari RSUD Torabelo, Puskesmas Dolo dan layanan berbasis desa yaitu Desa Padende (Kecamatan Marawola), Desa Loru dan Desa Soulowe (Kecamatan Biromaru), dan Desa Kabobona (Kecamatan Dolo).

Ke depannya Bupati ingin layanan berbasis desa ini juga dilaksanakan di wilayah yang jauh seperti Lindu, Pipikoro, Marawola Barat, serta Palolo dan semua Kecamatan serta Desa yang ada di Kabupaten Sigi.