Ketua TP-PKK Aceh Tengah Bakal Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

Takengon – Dinilai sukses dalam mengerakkan partisipasi masyarakat dan memiliki dedikasi yang tinggi dalam program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana), Ketua Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Aceh Tengah Puan Ratna bakal menjadi salah seorang penerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) Tahun 2020 dari Kepala BKKBN Pusat.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBP3A) Kabupaten Aceh Tengah Alam Suhada, usai berkoordinasi dengan Kepala Perwakilan BKKBN Aceh.

Penghargaan Mangala Karya Kencana bagi Puan Ratna, tercantum dalam lampiran Keputusan Kepala BKKBN Nomor:137/KEP/02/2020 tentang Penerima Tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana, dan Cipta Karya Kencana Tahun 2020.

“Alhamdulillah tahun ini Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Tengah akan menerima penghargaan Manggala Karya Kencana atas dedikasi beliau dalam mebdukung program pembengunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana di daerah ini, dan beliau menjadi satu-satunya Ketua TP PKK Kabupaten di Aceh yang menerima penghargaan ini,” ungkap Alam Syuhada di Takengon, Sabtu (15/8).

Alam mengatakan, TP PKK Kabupaten Aceh Tengah sebagai penerima anugerah MKK Tahun ini, karena dinilai sukses dalam melakukan kampanye dan mengajak partisipasi masyarakat untuk mengikuti program Keluarga Berencana diwilayahnya. Selain itu Puan juga dinilai sukses dalam menjalankan program Bangga Kencana.

“Menurut penilaian BKKBN pusat, Ibu Puan dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pembangunan keluarga, pengendalian penduduk dan keluarga berencana (Bangga Kencana) di daerahnya serta aktif mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mendukung program keluarga berencana di daerah ini,” jelas Alam.

Namun demikian, Alam belum bisa memastikan apakah penyerahan penghargaan tersebut akan dilakukan secara langsung atau virtual.

“Hasil koordinasi kami dengan Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Jika kondisi memungkinkan, penyerahan penghargaan akan dilakukan secara langsung, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan, namun jika tidak memungkinkna, ya bisa jadi penyerahan penghargaan ini dilakukan secara virtual, kita masih menunggu informasi selanjutnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Tengah Puan Ratna dalam kesempatan terpisah menyampaikan bahwa penghargaan tersebut sejatinya merupakan penghargaan bagi seluruh masyarakat.

Puan mengatakan, sebagai ketua TP PKK Kabupaten Aceh Tengah, dirinya hanya melaksanakan kewajiban dan terus menggelorakan semangat membangun keluarga serta melakukan kampanye untuk mengajak masyarakat ikut berperan aktif mensukseskan program keluarga berencana di daerah setempat.

“Sebenarnya kami hanya menjalankan tugas kami untuk menyampaikan program-program pemerintah, khususnya program pembangunan keluarga dan keluarga berencana, kalaupun kemudian dinilai berhasil oleh pemerintah. Ini merupakan keberhasilan seluruh warga Aceh Tengah,” ungkap Puan.

Puan berharap penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi dirinya dan seluruh pengurus dan kader PKK di seluruh wilayah kabupaten Aceh Tengah untuk lebih giat lagi mengajak masyarakat berperan aktif melaksanakan program pembangunan keluarga dan keluarga berencana. Karena menurutnya, masyarakat yang tangguh terbentuk dari keluarga yang tangguh.

“Kami berharap penghargaan ini bisa menjadi pemicu dan motivasi untuk bisa melakukan yang lebih baik lagi," pungkasnya.