Mahasiswa IPB Kampanyekan AKB dan Peduli Lingkungan di Indramayu

Indramayu - Sejumlah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Institut Pertanian Bogor (IPB) turut berpartisipasi mengkampanyekan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dengan membagikan masker dan hand sanitizer kepada masyarakat Indramayu. Hal ini sebagai upaya meminimalisir masyarakat tidak tertular Virus Corona Desease (COVID-19).

Selain pembagian masker dan handsanitizer oleh mahasiswa KKN-T Tematik IPB bersama Himpunan Alumni IPB dan IKADA Bogor juga dilaksanakan sosialisasi Peduli Lingkungan dengan ditandai Pelepasan Benih Ikan yang terpusat di Taman Sungai Cimanuk Kabupaten Indramayu, Minggu (16/8/2020).

Ketua Koordinator KKN-T IPB Wilayah Kabupaten Indramayu Fahmi Rachmadi Wijaya K menjelaskan, pihaknya sebagai mahasiswa dalam melaksanakan KKN-T selain berkontribusi untuk kepentingan masyarakat juga wajib mensosialisasikan masyarakat untuk patuh menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

“Intinya kegiatan para mahasiswa KKN-T IPB ini, kami berpartisipasi mengingatkan masyarakat untuk melakukan pola hidup sehat dan menerapkan protokol kesehatan COVID-19, dengan membagikan masker dan hand sanitizer secara garatis. Untuk pelepasan benih ikan, kami berharap jenis-jenis ikan di Sungai Cimanuk tetap lestari dan bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Alumni IPB Kabupaten Indramayu Oni S mengatakan, para alumni terus mendorong semangat mahasiswa yang melaksanakan KKN-T IPB untuk mengkampanyekan AKB di masa pandemi COVID-19, dengan membagikan masker dan handsanitizer milik prodak langsung alumni IPB asal Indramayu.

“Semua masker dan handsanitizer itu merupakan prodak asli alumni IPB asal Indramayu, dan sesuai himbauan Bupati Indramayu harus menggunakan prodak lokal untuk dibagikan kepada masyarakat dalam mengkampanyekan AKB di masa pandemi COVID-19," ujarnya.

Di tempat yang sama, Asisten Daerah (Asda) Pemerintahan dan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Indramayu Jajang Sudrajat menilai, pihaknya sangat mengapresiasi atas segala kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN-T IPB dan Himpunan Alumni IPB serta IKADA Bogor dalam mengkampanyekan AKB di masa pandemi Covid-19 serta mensosialisaiskan peduli lingkungan kepada masyarakat.

“Saya cukup berterimakasih terhadap kegiatan sosial para mahasiwa KKN-T IPB dan lainya, terutama tadi kampanye pemberlakuan AKB di masa pandemi Covid-19, dengan jalan santai, pembagian masker dan handsanitizer dan juga pelepasan benih ikan di Sungai Cimanuk,” ungkapnya.

Ia berpesan, bahwa para mahasiswa KKN-T IPB asal Indramayu harus tetap semangat dalam menimba ilmu dengan harapan dapat menyumbangkan ide dan gagasanya untuk kemajuan pembangunan Kabupaten Indramayu secara berkelanjutan.

“Saya berpesan bahwa besiknya Kabupaten Indramayu ini pertanian, maka masukan dan ide serta gagasan bisa disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Indramayu. Tentu dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya di sektor pertanian,” ujarnya.