Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Aceh Tengah Berjalan Lancar

Takengon – Upacara pengibaran bendera pusaka meperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia di Kabupaten Aceh Tengah tahun 2020 ini dilaksanakan secara sederhana dengan jumlah peserta dan undangan terbatas.

Dalam upacara yang digelar di lapangan Setdakab. Aceh Tengah, Senin, 17 Agustus 2020 ini hanya diikuti oleh 24 peserta upacara dan puluhan undangan dari unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Tengah.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar dan komandan upacara, Kapten. Inf. Subekti yang merupakan Danramil 02/Bebesen. Sementara petugas pengibar bendera hanya tiga orang yang merupakan personil Paskibra Aceh Tengah tahun 2019 yaitu Alfin Syahrin Ramadhan dan Aldi Kumara yang merupakan Siswa SMA Negeri 3 Takengon, serta pembawa bendera Cahyani Wulan Azhima yang merupakan siswi SMA Negeri 8 Takengon.

Upacara pengibaran bendera yang dimulai jam 07.00 WIB ini hanya diikuti oleh peserta sebanyak 24 orang terdiri dari 6 orang personel TNI dari Kodim 0106/Aceh Tengah, 6 orang aparat kepolisian dari Polres Aceh Tengah, 4 orang Satpol PP, 2 orang petugas Pemadam Kebakaran dan 2 orang petugas Dinas Perhubungan.

Sementara di kursi undangan terlihat hadir Wakil Bupati Aceh Tengah, Firdaus, SKM, Dandim 0106/Aceh Tengah, Letkol Inf. Teddy Sofyan, Kapolres Aceh Tengah, AKBP. Mahmun Hari Sandy Sinurat, SIK, Ketua DPRK, Arwin Mega, Kajari Takengon, Nislianuddin, SH, Ketua MPU, Tgk. H. M Isa Umar Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Karimansyah, SE, MM, Kasdim 0106, Mayor Inf. Samsirmas dan para perwira Kodim 0106, para Kapolsek, Ketua Tim Penggerak PKK, ketua Persit KCK dan Ketua Bhayangkari serta para Kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) lingkup Pemkab. Aceh Tengah.

Pelaksanaan upacara juga dipersingkat, hanya ada pengibaran bendera pusaka dan hening cipta dan pembacaan teks proklamasi, juga tanpa iringan musik aubade. Namun meski dilaksanakan secara sederhana, upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun 2020 ini tetap berjalan tertib dan khidmat. (Fathan Muhammad Taufiq/Aceh Tengah)

.